Mengetahui Sifatul Huruf Hijaiyah

Sifatul huruf secara bahasa adalah sesuatu yang melekat atau menetap pada huruf-huruf hijaiyah. Sifat sendiri merupakan cara baru bagi keluarnya huruf ketika sampai pada tempat keluarnya huruf tersebut. Disini terlihat bahwa sifatul huruf atau sifat-sifat huruf selalu dikaitkan dengan makhrajnya. Antara sifat dengan makhraj itu saling berkaitan satu sama lain. Makharijul huruf tidak akan tampak jika sifatul hurufnya tidak dikeluarkan secara benar. Sebaliknya, sifatul huruf tidak akan tepat selama tidak mengenai tempat keluarnya. Ada 2 macam sifat sifat huruf yaitu huruf yang memilki lawan ( الْاَضْدَادِذَوَاتُ ) dan juga sifat huruf yang tidak memilki lawan ( لَاضِدَّلَهَا ).

  1. Sifat yang memilki lawan
  2. Hams dan Jahr

Hams adalah sifat membunyikan huruf tertentu dengan berdesis (bernafas) atau samar. Ada 10 huruf dalam sifat ini, yakni :

ف – ح – ث – ھ – ش – خ – ص – س – ك – ت

Sedangkan jahr adalah lawan dari Hams yaitu membunyikan secara jelas atau membunyikan huruf  tertentu tanpa berdesis. Huruf-huruf jahr ini adalah huruf-huruf selain dari huruf hams yang berjumlah 19 huruf.

  • Syiddah, Rakhawah dan Tawassuth

Syiddah adalah menahan sejenak suara ditempat keluarnya huruf, baru kemudian melepaskannya karena makhraj-nya kuat. Huruf huruf syiddah yaitu:

أ – ج – د – ق – ط – ب – ك – ت

Kemudian tawassuth adalah membunyikan huruf tertentu dengan cara antara ditahan dan dilepas (tengah tengah). Adapun huruf-hurufnya yaitu:

ل – ن – ع – م – ر

sedangkan rakhawah adalah mengeluarkan suara bersamaan dengan mengucapkan huruf tanpa hambatan karena makhraj-nya lemah. Huruf-huruf yang memilki sifat ini yaitu selain dari huruf-huruf syiddah dan tawassuth.

  • Isti’la dan Istifal

Sifat isti’la adalah membunyikan huruf dengan mengangkat sebagian besar lidah ke langit-langit mulut saat pengucapan. Ada 7 huruf isti’la, yaitu:

خ – ص – ض – غ – ط – ق – ظ

Kemudian sifat istifal adalah pengucapan huruf disertai turunnya lidah dari langit-langit mulut. Huruf pada sifat ini ada 22, yaitu:

ث – ب – ت – ع – زٌّ – م – ن – يُ – ج – وِّ – دُ – حَ – ر – ف – ھ – اِ – ذْ – س – ل – ش – ك – ءُ

  • Ithbaq dan infitah

Sifat ithbaq adalah membunyikan huruf dengan menutup dua sisi lidah sehingga bertemu dengan langit-langit mulut ketika mengucapkan huruf. Hurufnya yaitu:

ص – ض – ط – ظ

Sedangkan infitah adalah membunyikan huruf dengan memisahkan dua sisi lidah dari langit-langit mulut sehingga keluarlah nafas diantara keduanya saat mengucapkan huruf. Huruf yang bersifat infitah sebanyak 25 huruf selain dari huruf ithbaq.

  • Idzlaq dan ishmat

Sifat idzlaq adalah membunyikan huruf tertentu dengan mengeluarkannya dari ujung lidah atau ujung bibir supaya cepat dan lancar terucapkan. Huruf-hurufnya yaitu:

ف – ر – م – ن – ل – ب

Sifat ishmat adalah membunyikan huruf-huruf tertentu dengan tidak lancar/cepat. Karena huruf tersebut tidak bertempat di ujung lidah atau ujung bibir. Huruf pada sifat ini adalah selain dari huruf idzlaq.

  • Sifat yang tidak memilki lawan
  • Shafir

Suara menyerupai suara unggas/burung. Maksudnya adalah membuat suara tambahan yang keluar dengan kuat diantara ujung lidah dan gigi seri seperti siul. Hurufnya ada 3 yaitu: ( ص  ز  س ).

  • Qolqolah

Sifat huruf ini adalah membuat pantulan di akhir pengucapan huruf-huruf qolqolah yang sukun (mati). Hurufnya ada 5 yaitu : ( ق ط ب ج د ).

  • Layyin atau Lien

Sifat ini berarti lembut dan mudah. Maksudnya adalah mengeluarkan huruf dari mulut tanpa memberatkan lisan. Lien terjadi ketika ada huruf bertanda baca fathah kemudian setelahnya ada huruf lien yang bertanda sukun. Hurufnya ada 2 yaitu : ( و – ي ).

  • Inhiraf

Membaca condong atau miring. Maksudnya adalah pengucapan hurufnya miring setelah keluar dari ujung lidah. Hurufnya ada 2 yaitu : ( ر ل ).

  • Takrir

Takrir artinya mengulangi. Maksudnya adalah lidah bergetar saat mengucapkan huruf ( ر ) namun tidak berlebihan apa lagi sampai terucap lebih dari satu huruf ro.

  • Tafasysyi

Tafasysyi artinya menyebar. Maksudnya adalah peyebaran suara saat mengucapkan huruf Syin ( ش ) dari makhraj hingga berbenturan dengan sisi bagian dalam gigi-gigi atas dan bawah.

  • Istithalah

Istithalah artinya memanjang. Maksudnya adalah membunyikan huruf tertentu dengan memanjangkan suaranya dari permulaan tepi lidah hingga penghabisan lidah (sampai bersambung dengan makhraj lam), huruf isthithalah hanya : ( ض ).

  • Ghunnah

Ghunnah dalam arti bahasa berarti berdengung. Maksudnya adalah membunyikan huruf tertentu dengan mendengungkan suara yang keluar dari pangkal hidung. Huruf ghunnah yaitu: ( م ن ) baik hidup maupun mati, yang idzhar, ikhfa’ maupun idgham.

Sangat penting bagi kita untuk mengetahui sifat-sifat huruf hijaiyah, karena dengan mengetahui sifat-sifat itu maka kita dapat melafadzkan huruf hijaiyah dengan baik dan tepat, serta menghindari dari kesalahan antara pembacaan huruf satu dengan huruf yang lainnya. Sehingga dengan kita mengetahuinya kita bisa membaca Al-Qur’an dengan bacaan yang lebih baik lagi dan tidak sampai merubah arti atau makna dari apa yang kita baca.

Departemen Syiar UKM ASC

One Reply to “Mengetahui Sifatul Huruf Hijaiyah”

Tinggalkan Komentar