Halal Bihalal UKM ASC 2021

Hari Raya Idul Fitri menjadi hari yang dinanti-nanti oleh umat Muslim di seluruh dunia setelah melewati bulan suci Ramadhan. Berkumpul bersama keluarga, menyuguhkan kue lebaran di ruang tamu, dan halal bihalal ke tetangga merupakan ciri khas muslim Indonesia untuk merayakan hari raya Idul Fitri. Namun masih banyak orang yang tidak bisa mudik ke kampung halaman dikarenakan terhalang pandemi Covid-19. Walaupun begitu, halal bihalal secara online pun dapat menjadi alternatif untuk tetap bisa silaturahmi dengan teman dan juga sanak saudara yang jauh.

Maka dari itu, UKM ASC juga mengadakan acara Halal Bihalal secara online via Zoom dan live melalui YouTube. Acara Halal Bihalal ini dilaksanakan setelah hari raya Idul Fitri 1442 H tepatnya pada hari Selasa, 25 Mei 2021 pukul 19.30 hingga pukul 21.00 WIB. Selain dihadiri oleh Ustadz Sultoni selaku pendamping UKM ASC, acara ini juga dihadiri dan dimeriahkan oleh seluruh keluarga besar UKM ASC dari generasi pertama hingga generasi sekarang.

Tema yang diangkat dalam acara Halal Bihalal kali ini adalah “Sucikan Hati, Eratkan Silaturahmi”. “Dengan adanya acara ini, semoga nantinya bisa mempererat tali persaudaraan dan tali silaturahmi antara seluruh keluarga besar UKM Al Qur’an Study Club,” harapan saudara Muhammad Ridlwan dalam sambutannya selaku ketua pelaksana acara Halal Bihalal.

Setelah pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh saudara Ahmad Febry Maulana dan juga sambutan oleh ketua pelaksana dan ketua umum UKM ASC, acara berikutnya adalah Mauidhoh Hasanah yang disampaikan oleh Ustadz Sultoni. Semua hadirin mendengarkan dengan khidmad, banyak hal baik yang disampaikan Ustadz Sultoni, salah satunya yaitu, “Orang ngomong-ngomong rawan banyak salahnya, maka jangan lupa sucikan hati dengan cara halal bihalal, minta maaf”.

Kemudian acara intinya yaitu ucapan mohon maaf dari perwakilan generasi ASC dan wejangan singkat untuk Khudama’ ASC tahun ini. Perwakilan generasi ASC yang mewakili untuk mengucapkan mohon maaf dan memberikan wejangan yaitu Ustadz Aris Liswanto, Ustadz Malthufullah Muyassir, Ustadz Zainur Ridho Wahyu Ismail, dan saudara Ifanisyafiq Dwi Musholli.

Walaupun dilaksanakan secara online, hangatnya suasana Ramadhan dan kebersamaan tetap bisa dirasakan. Seperti yang disampaikan oleh saudara Vicky Galih selaku MC pada acara tersebut, “Kalau biasanya ketika halal bihalal kita datang ke rumah-rumah, sekarang hanya halal bihalal di depan layar kaca. Kalau biasanya kita halal bihalal inginnya menghabiskan jajan, sekarang hanya bisa menghabiskan paketan. Tetapi tidak apa-apa, semoga silaturahmi kita tetap jalan, kemudian keberkahan tetap tercurahlimpahkan, dan kita tetap bisa bermaaf-maafan”.

Ucapan mohon maaf bersama-sama yang dipandu oleh MC menandakan berakhirnya acara Halal Bihalal Keluarga Besar UKM Al Qur’an Study Club, kemudian diikuti dengan dokumentasi dan pembacaan do’a bersama.

“Semoga semua hal-hal baik dalam acara Halal Bihalal Keluarga Besar UKM ASC bisa masuk ke pikiran kita, tertananam di hati kita, dan kita wujudkan dalam amal perbuatan sehari-hari kita, Aamiin,” pesan saudara Vicky Galih ketika menutup acara Halal Bihalal tersebut.

Pewarta: Widhy Aprilia Rahayu Ningsih

Tinggalkan Komentar