23, Mar 2023
Menarik! UKM ASC Menggelar LKMO Tahun 2023 dan Sosialisasi Kepanitiaan Secara Bersamaan

Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi atau biasa disingkat dengan LKMO merupakan salah satu event UKM Al-Qur’an Study Club (ASC) dengan tujuan untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan melatih manajemen organisasi dengan berlandaskan Al-Qur’an. Tidak hanya itu, dengan diadakannya LKMO diharapkan dapat meningkatkan ukhuah islamiah antar khudama’ UKM ASC. Hal ini selaras dengan tema yang diangkat pada tahun ini, yaitu “Meningkatkan Karakter Berakhlakul Karimah dengan Ukhuah Islamiah sebagai Aktualisasi Generasi Qur’ani”. LKMO dilaksanakan secara offline pada Sabtu—Ahad, 18—19 Maret 2023 yang berlokasi di SMK El-Hayat Kedungkandang, Kabupaten Malang. Kegiatan ini melibatkan beberapa pihak, di antaranya adalah para khudama’ UKM ASC sebagai peserta, pemateri, undangan, dan pembina UKM ASC yaitu Ustadz Dr. Achmad Sultoni, S.Ag., M.Pd.I.

“LKMO merupakan pelatihan kepada para khudama’ mengenai bagaimana cara memimpin, mengelola dan memanage organisasi, terutama UKM ASC ini. Ditambah dengan meningkatkan akhlak mulia dan ukhuah islamiah yang harapannya akhlaq para khudama’ dapat lebih baik, dan ukhuah islamiahnya dapat lebih baik lagi ke depannya”, ucap Ustadz Dr. Achmad Sultoni, S.Ag., M.Pd.I. dalam sambutannya. Fikri Fayyadh Al-Biruni selaku ketua pelaksana LKMO tahun 2023 juga menyampaikan, dengan diadakannya LKMO ini diharapkan tidak hanya sebatas acara formalitas saja namun dapat mengembangkan jiwa organisasi para khudama’  ke depannya, dan ikatan hubungan antar khudama’ semakin baik serta karakter dari masing-masing khudama’ juga semakin baik bahkan mulia.

Kegiatan LKMO yang bernuansa formal ini berjalan dengan baik dan khidmat, hal ini dibuktikan dengan sangat antusiasnya para peserta dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Pada saat penyampaian pemateri, para peserta menyimak dengan seksama sembari menuliskan apa yang disampaikan oleh pemateri pada buku catatannya masing-masing dalam bentuk rangkuman. Tidak hanya menyimak, namun rasa keingin-tahuan dari peserta sangat tinggi sehingga timbullah beberapa pertanyaan kepada pemateri. Pemateri pun menjawab semua pertanyaan yang dilontarkan oleh para peserta dengan sangat baik, dan dilanjutkan dengan FGD atau Focus Group Discussion. Kegiatan formal ini tidak hanya berupa penyampaian materi ataupun diskusi, namun sebelum itu dilakukan khataman Al-Qur’an yang menjadi pembeda antara event UKM ASC dengan event dari organisasi mahasiswa yang lain. Selain itu juga terdapat beberapa games yang tujuannya untuk meningkatkan rasa tanggung jawab, kolaborasi, dan team building sertameningkatkan ukhuah islamiah sesuai dengan tema yang diangkat.

Hal menarik dari kegiatan LKMO tahun 2023 ini adalah dilaksanakan secara bersamaan dengan sosialisasi kepanitiaan yang tidak hanya melibatkan para khudama’ seperti halnya LKMO di tahun-tahun sebelumnya, namun juga melibatkan para khudama’ muda. Sosialisasi Kepanitiaan atau biasa disingkat dengan SosPan merupakan rangkaian kegiatan penyampaian materi mengenai manajemen kepanitiaan, motivasi, sekaligus keunikan event yang ada di ASC yang menjadi ciri khas atau pembeda dari Organisasi Mahasiswa yang lain di Universitas Negeri Malang. Dalam rangkaian kegiatannya sama halnya dengan LKMO yaitu penyampaian materi, terdapat sesi tanya jawab dan juga FGD (Focus Group Discussion). Para peserta sangat antusias dalam menyampaikan pertanyaan maupun dalam menyampaikan hasil diskusi dari FGD, dan diskusi berjalan aktif. “Semoga para khudama’ dan khudama’ muda semakin semangat untuk berkhidmat pada eventevent UKM ASC tahun 2023, karena event-event yang ada di ASC bukan sekedar event biasa yang hanya membuat panitia dan menjalankan jobdesc-jobdesc nya. Namun event ASC merupakan event yang dapat menguatkan ghirah dalam mempelajari Al-Qur’an dan bekerja sama dalam lingkup persaudaraan islami yang insyaallah berkah”, ucap ketua pelaksana, Fikri Fayyadh Al-Biruni.

Setelah dilaksanakannya FGD terdapat pemberian hadiah kepada tim yang memenangkan games sebelumnya dan dilanjutkan dengan penyampaian kesan pesan dari perwakilan peserta putra maupun putri. Kemudian dilanjutkan dengan penutupan oleh MC sehingga acara LKMO resmi berakhir. Namun tidak lupa melakukan sesi dokumentasi atau foto bersama untuk menyimpan moment penting yang mungkin tidak akan terulang kembali di masa yang akan mendatang.

Pewarta : Hikmatul Khasanah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *