Tanamkan Membaca Al-Qur’an serta Doa Sebelum dan Sesudah Membaca Al-Qur’an sejak Dini

Anak usia dini berada pada periode emas atau golden age yang hanya terjadi sekali dalam rentang kehidupan.  Proses perkembangan dan pertumbuhan dalam segala aspek kehidupan terjadi sangat cepat dan berkembang pesat. Masa usia dini adalah masa yang tepat untuk memberikan rangsangan atau stimulus terhadap segala aspek pertumbuhan dan perkembangan anak. Pendidikan dasar al-Qur’an menjadi bagian paling penting dalam penanaman nilai agama dan moral bagi anak usia dini. Menurut Sajirun (2012:27) al-Qur’an sangat penting diajarkan sejak dini mengingat itu merupakan kitab suci yang menjadi pegangan utama dan sebagai dasar untuk mempelajari ilmu-ilmu lainnya.

Mengajarkan al-Qur’an sejak dini agar jiwa anak tumbuh di atas fitrah dan cahaya hikmah sehingga terbentuk karakter yang saleh karena al-Qur’an salah satu dari pilar Islam. Mulyani, Pamungkas dan Inten (2018), mengatakan bahwa sebagai pedoman pokok bagi umat Islam, wajib hukumnya untuk memahami al-Qur’an hingga seorang muslim mampu membacanya. Sebab gerbang pemahaman terhadap agama islam adalah mampu memahami, membaca dan menuliskan kitab suci al-Qur’an.

Pembelajaran baca tulis al-Qur’an pada anak usia dini harus dilakukan seefektif mungkin. Baik di jenjang Pendidikan dasar Anak Usia Dini (PAUD) atau pada Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ) serta dengan orang tua di rumah dapat berkontribusi dalam pembelajaran dasar-dasar al-Qur’an agar tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai. Sebagaimana pemberian stimulus terhadap aspek-aspek lainnya, pembelajaran baca tulis al-Qur’an juga harus mendapat perhatian baik itu dari pendidik di sekolah ataupun orang tua di rumah.

Ma’mun (2018:143) juga berpendapat, pengajaran al-Qur’an pada tingkat permulaan berisi pengenalan huruf, kata dan kalimat serta melatih dan membiasakan pengucapan huruf Arab dengan makhraj yang benar. Selanjutnya mengenalkan tanda-tanda baca.  Ini akan membantu mengajarkan tajwid dan lagu pada tingkat membaca menggunakan irama. Bagi anak usia dini mengucapkan huruf atau kalimat dalam bahasa Arab tentu bukanlah hal yang mudah sebab sangat jauh berbeda dengan bahasa yang digunakan sehari-hari.

Pembelajaran al-Qur’an sejak dini tentunya sangat bermanfaat bagi pendidikan anak. Kertamuda (2015:101) berpendapat bahwa manfaat menghafal al-Qur’an dan membacakannya secara terus-menerus kepada anak akan menghilangkan rasa takut pada anak dan memberikan ketenangan jiwa, secara kognitif meningkatkan konsentrasi pikiran dan menambah kemampuan intelektual, secara bahasa penguasaan berbicara dengan baik dan yang lebih penting lagi secara agama dan moral akan terbentuk karakter yang berakhlak mulia pada anak.

Membaca doa ini sebelum dan setelah membaca al-Qur’an ini sangatlah penting. Pasalnya, dengan membaca ini dapat memberikan kita keberkahan dari aktivitas mulia tersebut. Doa sebelum dan setelah membaca al-Qur’an sebagai berikut:

Doa sebelum membaca al-Qur’an:

اَللّٰهُمَّ افْتَحْ عَلَىَّ حِكْمَتَكَ وَانْشُرْ عَلَىَّ رَحْمَتَكَ وَذَكِّرْنِىْ مَانَسِيْتُ يَاذَاالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ

Artinya: “Ya Allah, bukakanlah hikmah-Mu padaku, bentangkanlah rahmat-Mu padaku dan ingatkanlah aku terhadap apa yang aku lupa, wahai dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan.”

Doa sesudah membaca al-Qur’an:

للّٰهُمَّ ارْحَمْنِىْ بِالْقُرْآنِ. وَاجْعَلْهُ لِىْ اِمَامًا وَنُوْرًا وَّهُدًى وَّرَحْمَةً. اَللّٰهُمَّ ذَكِّرْنِىْ مِنْهُ مَانَسِيْتُ وَعَلِّمْنِىْ مِنْهُ مَاجَهِلْتُ. وَارْزُقْنِىْ تِلاَ وَتَهُ آنَآءَ اللَّيْلِ وَاَطْرَافَ النَّهَارٍ. وَاجْعَلْهُ لِىْ حُجَّةً يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Artinya: “Ya Allah, rahmatilah aku dengan al-Qur’an yang agung, jadikanlah ia bagiku cahaya petunjuk rahmat. Ya Allah, ingatkanlah apa yang telah aku lupa dan ajarkan kepadaku apa yang tidak aku ketahui darinya, anugerahkanlah padaku kesempatan membacanya pada sebagian malam dan siang, jadikanlah ia hujjah yang kuat bagiku, wahai Tuhan seru sekalian alam.”

Referensi:

Alucyana. 2017. Pembelajaran Al-Qur’an untuk anak usia dini dengan metode muyassar. Proceeding Volume 235-44. ISSN: 2548-4516

Kertamuda, MifthulAchyar. 2015. Golden Age: Stratergi Sukses Membentuk Karakter Emas pada Anak Sejak Usia Dini. Jakarta: Elex Media

Kritik dan saran terkait Mading ASC dapat ditulis Disini

Departemen Syiar

Tinggalkan Komentar