Penyakit Wahn Lebih Berbahaya Daripada Penyakit Dari Wuhan

PENYAKIT WAHN LEBIH BERBAHAYA DARIPADA PENYAKIT DARI WUHAN

Apa itu penyakit Wahn?

Penyakit Wahn adalah suatu ungkapan yang bermaksud cinta dunia dan takut mati.

عَنْ ثَوْبَانَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم-  يُوشِكُ الأُمَمُ أَنْ تَدَاعَى عَلَيْكُمْ كَمَا تَدَاعَى الأَكَلَةُ إِلَى قَصْعَتِهَا  فَقَالَ قَائِلٌ وَمِنْ قِلَّةٍ نَحْنُ يَوْمَئِذٍ قَالَ بَلْ أَنْتُمْ يَوْمَئِذٍ كَثِيرٌ وَلَكِنَّكُمْ غُثَاءٌ كَغُثَاءِ السَّيْلِ وَلَيَنْزِعَنَّ اللَّهُ مِنْ صُدُورِ عَدُوِّكُمُ الْمَهَابَةَ مِنْكُمْ وَلَيَقْذِفَنَّ اللَّهُ فِى قُلُوبِكُمُ الْوَهَنَ . فَقَالَ قَائِلٌ يَا رَسُولَ اللَّهِ وَمَا الْوَهَنُ قَالَ  حُبُّ الدُّنْيَا وَكَرَاهِيَةُ الْمَوْتِ

Dari Tsauban, ia berkata bahwa telah bersabda Rasulullah SAW: “Hampir saja bangsa-bangsa memangsa kalian sebagaimana orang lapar menghadapi meja penuh hidangan.” Seseorang bertanya “apa saat itu kita sedikit?” jawab beliau “bahkan saat itu kalian banyak, akan tetapi kalian seperti buih di laut. Allah akan cabut rasa takut dari dada musuh kalian, dan Allah sungguh akan mencampakkan penyakit wahn dalam hatimu.” Seseorang bertanya “Ya Rasulullah ap aitu wahn?” beliau menjawab “cinta dunia dan takut mati” (HR. Abu Daud no. 4297 dan Ahmad 5: 278, shahih kata Syaikh Al Albani. Lihat penjelasan hadits ini dalam ‘Aunul Ma’bud).

Dalam sebuah hadist Rasulullah SAW bersabda “Umatku akan ditimpa penyakit yang pernah menimpa umat terdahulu”. Sahabat bertanya, “apakah penyakit umat terdahulu itu” beliau menjawab “penyakit itu terlah terlalu banyak seronok, terlalu mewah, menghimpun harta sebanyak mungkin, tipu menipu dalam merebut harta benda dunia, saling memarah, hasut-menghasut sehingga jadi zalim menzalimi” (HR. Al-Hakim).

Penyakit al-wahn yang disebutkan Rasulullah SAW ini telah banyak kita lihat di kalangan masyarakat muslim hari ini. Disana sini kita melihat penyakit ini merebak dan menular dalam masyarakat dengan ganasnya. Dunia islam dilanda krisis rohani yang sangat tajam dan meruncing. Dengan kekosongan rohani itulah mereka terpaksa mencari dan menimbun harta benda sebanyak-banyaknya untuk memuaskan hawa nafsu. Maka apabila hawa nafsu diperturutkan tentunya mereka terpaksa menggunakan segala macam cara dan tipu daya. Pada saat itu, hilanglah nilai akhlak dan yang terwujud hanyalah kecurangan, khianat, hasul-menghasut dan sebagainya.

Wuhan merupakan nama satu kota di negara Cina yang merupakan ibukota dari provinsi Hubei. Satu bulan terakhir kota Wuhan menjadi terkenal didunia internasional dikarenakan kemunculan virus corona yang mewabah didaerah tersebut. Berdasarkan data dan informasi dari CNN Indonesia (per-selasa, 11 Februari 2020), jumlah masyarakat Wuhan yang terkena wabah virus corona sudah lebih dari 25 ribu orang dan sudah menewaskan sebanyak 1013 orang. Dari hari ke hari jumlah yang terjangkit virus corona semakin bertambah dan berdampak tidak bagi Wuhan saja namun kebeberapa negara yang lainnya seperti di beberapa negara di Asia Tenggara, India, Jepang, Uni Emirat Arab, Eropa Barat, Amerika, Kanada dan lainnya.

Wuhan diberi ujian oleh Allah swt berupa Corona virusdisease (COVID-19) yang mewabah di Wuhan dan menjadi sorotan dunia internasional. Sementara Wahn merupakan nasehat dari Rasulullah SAW yang disabdakan beliau pada 15 abad yang lalu agar umat manusia (khususnya kaum muslimin) agar menjauhi virus Wahn tersebut.

 

Departemen Syiar UKM ASC

link Poster: Download

Tinggalkan Komentar