Pengajian Online Yaumul Milad UKM ASC VII

Malang. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Al-Qur’an Study Club (ASC) merayakan hari ulang tahunnya yang ke-7 tepat pada tanggal 17 Ramadhan atau 10 Mei 2020. Rangkaian acara dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun ASC diantaranya ada kegiatan daring dan luring. Untuk kegiatan daring, ASC menyiapkan tiga acara diantaranya adalah Khotmil Qur’an, menonton bersama video Sejarah ASC, dan Pengajian Online Nuzulul Qur’an. Sedangkan untuk agenda luring masih akan diumumkan kapan kegiatannya setelah pandemi Covid-19 selesai dan diperbolehkan untuk menyelenggarakan acara kembali.

Tema yang diangkat dalam yaumul milad ASC tahun ini adalah Eratkan Ukhuwah, Kuatkan Mahabbah kepada Al-Qur’an yang Penuh Berkah. Rangkaian kegiatan daring dilakukan via aplikasi WhatsApp, Instagram (@ukm_asc_um) dan Youtube (Al-Qur’an Study Club). Kegiatan dimulai sejak tanggal 09 Mei sampai 11 Mei dengan rincian sebagai berikut:

Peringatan hari lahirnya UKM ASC ini diawali dengan pembukaan pembacaan khotmil Qur’an via live Instagram ASC oleh Fawaid Syamsul Arifin. Meskipun acara diselenggarakan via daring dan berjalan di tengah pandemi Covid-19, namun antusias  para anggota UKM ASC tidak surut. Mereka berbondong-bondong mengisi list pembacaan Al-Qur’an yang telah disediakan panitia via grup WhatsApp. Pelaksanaan hari kedua diisi dengan nonton bareng sejarah ASC via Youtube ASC lalu dilanjutkan dengan khotmil Qur’an via live Instagram kembali. Pembacaan ayat suci Al-Qur’an ini kembali dipimpin oleh Fawaid Syamsul Arifin dan dilakukan bersama dengan beberapa anggota UKM ASC yang lain. Rangkaian acara pada hari terakhir adalah pelaksanaan Pengajian Online yang diisi oleh Dr. Drs. H. Moh. Khasairi, M.Pd via live instagram. Materi yang disampaikan adalah mengenai Nuzulul Qur’an dan segala peristiwa serta keutamaan yang menyertainya.

“Semoga ASC semakin mantap dalam program-programnya dan semakin menyentuh kebutuhan masyarakat serta memberikan kontribusi yang nyata kepada masyarakat khususnya melalui berbagai macam Study Al-Qur’an,” pesannya saat mengawali pemberian materi Nuzulul Qur’an pada pengajian online hari terakhir ini. Acara yaumul milad Unit Kegiatan Mahasiswa Al-Qur’an Study Club resmi ditutup dengan pembacaan doa khataman Al-Qur’an.

Tidak terasa, telah tujuh tahun UKM Al-Qur’an Study Club berdiri dan memberikan segala kontribusi terhadap kegiatan berbasis Qur’ani di Universitas Negeri Malang. Dalam menjalankan setiap kegiatan, tentu terdapat berbagai tantangan yang selalu menguras tenaga hingga akal pikiran. Namun, dengan tekad dan komitmen yang kuat demi mewujudkan visi ASC yakni Mencetak Generasi Rabbani Berjiwa Qur’ani, segala tantangan dapat terlewati serta mampu menciptakan hasil yang sesuai ekspektasi dan berharap dapat meraih ridho Ilahi Robbi.

Pewarta           : Hanifah Lismaningtias – Khudama Muda Bidang Publikasi, Departemen Syiar, UKM ASC 2020

Pewarta Foto   : Tim Publikasi Dokumentasi dan Dekorasi (PDD), panitia Yaumul Milad UKM ASC 2020

2 Replies to “Pengajian Online Yaumul Milad UKM ASC VII”

  1. Rangkaian acara pada hari terakhir adalah pelaksanaan Pengajian Online yang diisi oleh Dr. Drs. H. Moh. Khasairi, M.Pd via live instagram. Materi yang disampaikan adalah mengenai Nuzulul Qur’an dan segala peristiwa serta keutamaan yang menyertainya

Tinggalkan Komentar