MIQ : Monitoring Ibadah dan Al-Qur’an

Malang – MIQ adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh mahasiswa dari Universitas Negeri Malang. Aplikasi ini dibuat karena sebuah masalah yang dihadapi oleh peserta dan mentor Bina Ibadah dalam kegiatan TDI (Tafaqquh Fii Diinil Islaam). Mereka menyatakan kesulitannya dalam mengakses web untuk memasukkan data ibadah yang dilakukan. Mentor pun juga begitu, mereka sulit melihat perkembangan ibadah yang telah dilakukan oleh peserta. Untuk memecahkan persoalan tersebut, sekelompok mahasiswa UM mendapat sebuah ide untuk mengembangkan aplikasi yang kemudian dinamakan MIQ.

MIQ bukan hanya dapat digunakan dalam kagiatan Bina Ibadah. Aplikasi ini dirancang juga untuk masyarat umum. Apa bedanya jika digunakan oleh masyarakat umum? Bedanya jika digunakan oleh perorangan atau masyarakat umum, mereka tidak membutuhkan kelas yang dibuat oleh mentor. Penggunaan aplikasi ini cukup mudah. Pengguna atau user terlebih dahulu daftar akun. Setelah akun dibuat, pengguna dapat memasukkan data ibadah yang telah dilakukan. Data yang dimasukkan tersebut akan disimpan ke dalam server.

Kelebihan MIQ Apa?

MIQ memiliki beberapa kelebihan diantaranya teknologi speech recognizer. Teknologi ini digunakan untuk mengoreksi bacaan yang dilantunkan oleh pengguna. Selain itu, MIQ memiliki output berupa grafik, yang mana ini akan mempermudah dalam memantau perkembangan ibadah.

Apa Saja yang Dimiliki MIQ?
MIQ memiliki empat fitur. Fitur-fitur tersebut dikemas dengan tampilan yang menarik dan sederhana. Fitur yang dimiliki antara lain Input, Output, Muhasabah dan Kelas.

    1. Fitur muhasabah berisi tentang materi ajaran islam. Materi ini ada ditujukan untuk mengingatkan kepada penguna
      bagaimana azab meningalkan kewajiban. Serta memotivasi pengguna untuk tetap beribadah karena perintah Allah SWT.
      Fitur Input merupakan fitur untuk memasukkan data ibadah yang telah dilakukan. Dalam fitur ini, terdapat tiga menu input yaitu sholat, puasa dan Al-Quran.
      Fitur yang tidak kalah menarik adalah fitur output. Yang mana fitur ini merupakan hasil dari data yang diinputkan. Fitur ini memiliki dua bentuk yaitu sebagai data table dan data grafik.
      Fitur yang terakhir adalah fitur kelas. Fitur ini dikhususkan untuk para mentor ketika akan membuat kelas bagi para peserta Bina Ibadah.

    Untuk mendapatkan aplikasi MIQ cukup mudah. MIQ sudah di upload pada google playstore dan dapat di download dengan free. Kalian juga dapat mengunduhnya menggunakan link berikut.

    Oleh : Zulfa Ulil Karomah

  • Tinggalkan Komentar