MAMAQ IV : Semangat Menggemakan Al-Qur’an

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Alquran Study Club (ASC) Universitas Negeri malang (UM) lagi lagi menyelenggarakan acara berkancah nasional. Tidak lain adalah acara Lomba Karya Tulis Ilmiah Alquran “Maqalah Madlmun Alquran (MAMAQ) IV”. Acara yang diagendakan dua tahun sekali tersebut berjalan dengan lancar dan membanggakan. Rangkaian acara MAMAQ diantaranya adalah presentasi sebagai babak final bagi 10 finalis, trip bagi finalis, dan acara seminar MAMAQ. Ketiga kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari yakni Sabtu-Ahad (14-15/09).

Sebelum presentasi untuk babaak final ini, terdapat 42 karya yang terdaftar dalam babak penyisihan. Babak penyisihan dilaksanakan secara online, sehingga hanya 10 karya terbaik saja yang berkesempatan untuk menyampaikan presentasinya. Presentasi babak final dilaksanakan di Aula perpustakaan UM dari pukul 08.00-15.00 WIB. Terdapat 4 juri presentasi dan 3 juri poster, diantaranya adalah 1) Dr. Drs. H. M. Hadi Masruri, Lc., MA., M.Ag., 2) H. Faris Khoirul Anam, Lc., M.H.I., 3) Dr. Eny Latifah, M.Si., 4) M. Alifudin Ikhsan, S.Pd., M.Pd., 5) Dr. Yusuf Hanafi. S.Ag., M.Fil.I., 6) Andreas Syah Pahlevi, S.Sn., M.Sn., 7) Heppy Jundan Hendrawan, S.Sn., M.Ds.

Kegiatan dilanjutkan dengan trip untuk finalis MAMAQ. Tujuan diadakannya trip ini adalah untuk memperkenalkan keindahan Malang Raya bagi finalis MAMAQ yang notabene berasal dari luar Malang. Finalis terjauh berasal dari Institut Agama Islam Negeri Langsa, Banda Aceh. Lokasi yang dikunjungi diantaranya adalah Museum Angkut dan alun-alun Batu.

Esoknya, Ahad (15/09) adalah acara puncak MAMAQ IV yakni Seminar Nasional dengan mengangkat tema “Akselerasi Literasi Al-Qur’an guna Mewujudkan Generasi Rabbani Berjiwa Qur’ani”. Seminar tersebut dilaksanakan di Aula Pascasarjana UM. Pemateri dalam seminar tersebut adalah  Dr. Ahmad Taufiq, S.Pd., M.Si., dengan materi “Alquran sebagai Sumber Ide Karya Tulis Ilmiah” dan Dr. Mohammad Kholison, M.Pd.I dengan materi “Mewujudkan Generasi Rabbani Berjiwa Qurani Melalui Literasi Alquran”.

Peraih Juara dalam MAMAQ IV 2019 ini dibagi menjadi tiga kategori yakni kategori presentasi, kategori best poster dan kategori best presenter. Kategori pertama yakni kategori presentasi dengan rincian juara sebagai berikut :

Juara I : Institut Agama Islam Negeri Langsa dengan Judul Pola Asuh Anak Dalam Alquran (Analisis Terhadap Kisah Istri Imran)

Juara II : Universitas Airlangga dengan judul Implementasi Qs Asy-Syu’ara:7 Dan Qs Al-Anbiya’:35 Melalui Pemanfaatan Ekstrak Rosa Damascena Sebagai Agen Terapeutik Stres Psikologis Dan Stroke Iskemia

Juara III : Universitas Negeri Yogyakarta dengan judul Revitalisasi Pendidikan Karakter Melalui Taman Pendidikan Al-Qur’an Dengan Sim-Elima (Sistem Edukasi Literasi Madani) Berdasarkan Q.S. Al-Alaq Ayat 1-5

Juara Harapan I : Universitas Negeri Malang dengan judul Zenius: Zeolit-Y Teraktivasi Untuk Hidrolisis Selulosa Berbantuan Ultrasonik

Juara Harapan II : Universitas Negeri malang dengan judul Thoyyib: Sistem Pengidentifikasi Dan Pengontrol Makanan Sisa Solusi Menyikapi Kemubaziran Makanan

Juara Harapan III : Universitas Brawijaya dengan Judul Papilion (Human Papilloma Virus Detection): Pantyliner Deteksi Dini Kanker Serviks Berbasis Bioindikator Siga (Tinjauan Qs Al-Baqarah Ayat 222)

Sedangkan Juara Kategori Best Poster ialah dari Universitas Negeri malang dengan judul Thoyyib: Sistem Pengidentifikasi Dan Pengontrol Makanan Sisa Solusi Menyikapi Kemubaziran Makanan

Peraih kategori Best Presenter adalah dari Institut Agama Islam Negeri Langsa dengan judul Judul Pola Asuh Anak Dalam Alquran (Analisis Terhadap Kisah Istri Imran).

Oleh : Ulya Aziza Fitriya

Tinggalkan Komentar