daq.EDU : Aplikasi Pembelajaran untuk Pembinaan DAQ di UKM ASC

Malang – Berawal dari sebuah bidang DAQ yang ada pada UKM ASC. UKM yang mempunyai ranah ke-Al-Quran an, sedangkan DAQ adalah pembinaan dalam bidang Desain Aplikasi Al-Qur’an. Pada pembinaan DAQ beberapa anggota mengalami kesulitan. Kesulitan yang dihadapi tersebut bermacam-macam. Mulai dari jadwal pembinaan yang terkadang bentrok dengan kegiatan perkuliahan ataupun materi DAQ yang belum dapat dipahami dengan cepat.
Dari masalah yang ada, beberapa anggota DAQ membuat sebuah inovasi. Inovasi tersebut adalah aplikasi mobile bernama daq.EDU. daq.EDU merupakan aplikasi yang dibuat dengan tujuan mempermudah anggota DAQ untuk mengakses dan mendalami materi yang telah disampaikan. Selain itu, daq.EDU juga dapat digunakan oleh masyarakat umum jika ingin belajar desain dan aplikasi. Untuk mendapatkan aplikasi tersebut cukup mudah. Hanya dengan men-download pada google playstore dengan klik link berikut

Apa Saja yang Ada Pada daq.EDU ?


daq.EDU mempunyai fitur materi pembelajaran yang lengkap untuk menunjang pembinaan DAQ. Selain itu, pada aplikasi ini, terdapat karya-karya hasil pembinaan yang dapat dijadikan sebagai referensi dalam mengembangkan aplikasi. Seperti pada aplikasi lain, daq.EDU juga dilengkapi dengan fitur info dan petunjuk. Fitur ini dibuat bukan semata-mata agar seperti aplikasi lain. Tetapi, fitur ini ditujukan agar pengguna dapat menggunakan aplikasi secara tepat dan benar.

Menu Apa saja yang tersedia ?


Menu pada daq.EDU ditampilkan dengan menarik dan sederhana. Sehingga mempermudah pengguna untuk memakainya. Pada menu, akan menampilkan tiap materi pembinaan.

  1. Desain
  2. Menu desain memuat beberapa materi tentang desain dari pengenalan desain sampai membuat sebuah prototype. Materi tersebut dikelompokkan menjadi beberapa sub bagian. Tiap sub bab, terdapat cara atau sehingga mempermudah penguna untuk mempelajari maupun mengaplikasikannya.

  3. Proposal
  4. Proposal merupakan menu dalam ranah kepenulisan ide. Jika ide atau gagasan perangkat lunak ditulis dengan baik, maka pengguna akan tertarik memakainya. Agar dapat menulis gagasan tersebut, maka diharuskan mempelajari kaidah kepenulisan terlebih dahulu. Didalam menu ini, ditampilkan dalam bentuk sub-bab. Penampilan tersebut mempunyai tujuan agar mudah untuk mempelajari dan memahami kaidah kepenulisan proposal.

  5. Program
  6. Sebuah aplikasi dibuat dengan bahasa pemrograman. Ada bermacam-macam bahasa pemrograman pada era ini. Untuk mengusai bahasa tersebut, maka kita perlu belajar terlebih dahulu. Maka dari itu, daq.EDU juga dilengkapi dengan menu program. Pada menu ini, desediakan bebrapa modul untuk bahasa pemrograman. Modul yang disediakan berisi tutorial-tutorial menggunakan bahasa pemrograman yang akan memudahkan untuk belajar.

  7. Karya
  8. Dalam menulis sebuah karya, pastilh memerlukan referensi. Untuk membantu mendapatkan referensi dengan mudah, daq.EDU memiliki menu karya. Menu karya ini berisi karya-karya dari anggota pembinaan DAQ yang pernah diikutsertakan dalam perlombaan. Tujuan dari menu karya sendiri adalah untuk membantu dalam mencari referensi.

     
    Oleh : Zulfa Ulil Karomah

Tinggalkan Komentar