Kaligrafi

Kaligrafi adalah seni menulis arab dengan indah yang merupakan  warisan budaya umat islam terdahulu. Kaligrafi memiliki peranan penting dalam perkembangan agama islam. Al-Qur’an yang merupakan kitab suci yang sekaligus menjadi dustur atau undang-undang bagi umatnya lebih indah dibaca dan dipelajari dengan adanya kaligrafi.

Kaligrafi terus berkembangan dari masa ke masa sehingga pada saat ini dapat dijumpai berbagai model, bentuk serta hiasannya. Hal tersebut karena para kaligrafer senior tidak henti-hentinya mengembangkan seni menulis indah kaligrafi. Beberapa model tulisan arab yang telah menjadi kaedah dasar dalam penulisannya adalah Khot Tsulusi, Khot Diwani, Khot Riq’I, Khot Khufi, Khot Naskhi dan  Khot  Raihani.

Dalam MTQ, kaligrafi terdiri dari beberapa cabang yaitu Naskah, Hiasan dan Dekorasi. Pada cabang Naskah, penilaian utama ada pada kebenaran kaedah khot. Sedangkan pada cabang Hiasan dan Mushaf, selain kebenaran kaidahnya, penilaian utama terletak pada keindahan dan kreatifitas peserta yang diwujudkan dalam penggunaan warna.


Leave a Reply