DIRGAHAYU UKM ASC UM 2016

  • -

DIRGAHAYU UKM ASC UM 2016

Category : INFO

presdir asc

Assalamualaikum War Wab

Bersyukur tiada henti atas nikmat Allah yang telah memberikan kesempatan civitas akademika UM untuk belajar Alquran di kampus melalui lahirnya UKM ASC.

Syukur Alhamdulillah, UKM ASC yang didirikan oleh para pecinta Alquran di UM kini telah memasuki usia 3 tahun. UKM yang resmi berdiri 12 Agustus 2013M/ 17 Ramadhan 1434H berdasarkan SK Rektor Nomor 530 Tahun 2013 ini menjadi horizon baru pengkaderan, pembibitan dan pembinaan Alquran di kampus UM. ASC telah mewarnai sejarah kampus The Learning University ini dengan berbagai torehan gemilang.

UKM ASC menjadi pandega pembinaan kafilah MTQ UM yang mampu mengukir catatan emas sebagai Juara Umum MTQ Mahasiswa Nasional 2013 dan 2015 serta Juara Umum MTQ Mahasiswa Jawa Timur 2014. UKM ASC juga mencatat dirinya sebagai pelopor organisasi Alquran kampus se-Indonesia, perintis Semaan Alquran Mahasiswa Se-Malang Raya dan sebagai rujukan kegiatan Alquran di kampus.

Torehan emas ini tak harus membuat ASC puas dengan semuanya. Inovasi dan upaya pengembangan organisasi terus dilakukan, semata-mata untuk syiar Alquran di seluruh penjuru kampus. Tahun 2016, ASC telah mencoba mengembangkan Pilot Project Kampus Qurani di PP3 UM Kota Blitar. Kampus 2 UM Sawojajar juga dicanangkan sebagai pusat pengembangan Alquran. Itu artinya, kini UKM ASC telah dirasakan manfaatnya oleh seluruh civitas akademika UM baik di kampus pusat, kampus 2 dan kampus 3.

Antusiasme publik terhadap ASC terus meningkat. Hal ini dibuktikan dengan permintaan study banding dari kampus-kampus besar di tanah air terus mengalir. Sepanjang Tahun 2016, telah ada 5 kampus dan 2 organisasi Alquran yang telah melakukan study banding di UKM ASC. Hal ini menunjukkan bahwa ASC terus berusaha untuk Menjadi Unggul dan Menjadi Rujukan dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Dharma bakti kami sebagai salah satu bagian UM adalah menjadikan UM sebagai rujukan penyelenggaraan kegiatan kealquranan di Indonesia dan dunia. Nilai-nilai Alquran di kampus UM terus kita budayakan agar menjadi kampus yang dirahmati Allah SWT.

Tentu, semua yang telah diraih oleh UKM ASC tidak terlepas dari perjuangan dan pengorbangan para pimpinan UM dan pendiri ASC. Alm. Ust. Dr. Syafaat, M.Ag Al Hafidz telah menanamkan jiwa Alquran begitu dalam dan kuat. Beliau telah menjadi pelita Alquran di kampus UM. Bukan hanya beliau, pengorbanan super besar juga telah ditunjukkan oleh banyak orang yang tak dapat kami sebutkan satu per satu. Hanya ada untaian doa kami yang selalu terpancar untuk siapapun yang memperjuangkan Alquran di kampus UM (para pimpinan UM, para ust/ustdz, para dosen, para mahasiswa dan seluruhnya) semoga Allah senantiasa memberikan yang terbaik kepada njenengan semua. Amiin

Akhirnya, UKM ASC akan berusaha terus maju, tumbuh dan berkembang, bersinergi dengan semua pihak dengan satu visi Mencetak Generasi Rabbani Berjiwa Qurani. Bahu membahu mewujudkan kampus Qurani dalam motto Berdiri di atas dan untuk semua golongan. ASC menyatukan dan merangkul semuanya untuk berkhidmat dalam syiar Alquran.

Dirgahayu UKM ASC
Semoga semakin sukses dan bermanfaat untuk semua orang.

Wassalamualaikum War Wab.

Malang, 17 Ramadhan 1437H
Ketua UKM ASC

M. Alifudin Ikhsan


About Author

sahabat qurani

UKM Al-Qur'an Study Club merupakan UKM baru di Universitas Negeri Malang pada tahun 2013 yang bergerak dalam ranah pembinaan ke-alqur'anan. Namun eksistensi UKM ASC telah mewarnai kampus dengan berbagai prestasi yang gemilang.