5 Tips Berdamai dengan Ayat-Ayat yang Mirip

Menghafalkan al-Qur’an tentu bukan hal yang mudah, apalagi jika kita menemui ayat-ayat yang mirip, nah kali ini saya akan membahas “5 tips berdamai dengan ayat-ayat al-Qur’an oleh ustadzah Fitri Anissa Hayati.

  • Sadari

Dalam al-Qur’an terdapat 6236 ayat yang kurang lebih 2000 ayat diantaranya merupakan ayat yang memiliki kemiripan secara lafadz. Jadi dapat dikatakan 1/3 dari Al;Qur’an merupakan ayat yang mirip. MasyaAllah sekali yaa…

  • Kuat tekad

Nah, ustadzah Fitri mempunyai cara agar kita tidak terus-terusan binggung nih, yaitu lakukan:

  1. Sediakan waktu khusus, dimana kita benar-benar bisa fokus tanpa adanya gangguan apupun.
  2. Catat kemiripan ayat, disamping halaman kosong yang terdapat pada mushaf. Bisa memakai tanda halaman atau keterangan ayat. Kalau ustadah Fitri biasanya memakai istilah ‘halaman’ untuk surat yang ayatnya panjang-panjang contohnya seperti: juz 24 halaman 1 mirip dengan juz 21 halaman 2, dan istilah ‘surat + ayat’ untuk surat yang ayatnya pendek-pendek, contohnya: juz 30 surat al-muthaffifin ayat 22 mirip dengan surat al-infithar ayat 13.
  3. Baca ayat yang mirip secara bergantian.
  4. Atau catat di buku khusus bagi penghafal yang kecenderungan cara belajar visual tidak suka lihat mushafnya banyak coretan, tapi kekurangannya kita harus membawa buku catatan ini kemana-mana.
  5. Perbanyak ujian lanjut ayat

Kata gurunya ustadzah Fitri, “orang yang lancar ketika ujian lanjut ayat pasti lancar ketika diminta membaca secara urut.” Dan ustadzah Fitri juga meyakini hal tersebut.

Nah, buat kita yang tidak terbiasa ikut MHQ (Musabaqah Hifzhil Qur’an) bisa lanjut ayat dengan sesama teman penghafal/guru yang sudah mutqien, biasanya guru yang sudah mutqien akan sering memberikan soal dengan ayat-ayat yang mirip.

  • Belajar Bahasa Arab

Kenapa poin ini penting? Karena sebagaimana kita tahu, Al-Qur’an diturunkan dengan bahasa Arab. Walaupun ada terjemah yang membantu, tetapi itu hanya dari segi makna saja. Sedangkan ilmu dari Bahasa Arab itu sendiri banyak, misalnya ilmu balaghoh, nahwu dan shorof.

  • Perbanyak Doa dan Murajaah

Tips yang terakhir ini adalah yang terpenting, apalah daya kita tanpa pertolongan-Nya. Dan do’a ustadzah Fitri “semoga kita yang sudah berazzam menjadi penghafal Qur’an senantiasa diberikan kekuatan lahir batin untuk menjaga amanah ini sampai akhir hayat.”

Penulis: Azrin Daffa Auliya (Pembinaan Tahfidh UKM ASC)

One Reply to “5 Tips Berdamai dengan Ayat-Ayat yang Mirip”

Tinggalkan Komentar