Wujudkan Semangat Mencintai Al-Qur’an, Sebarkan Keteladanan di Tengah Perkembangan Zaman

Generasi awal Islam mencapai puncak peradaban karena berpegang pada Al-Qur’an. Iqra’ menjadi kata pertama ynag turun sebagai awal dari sebuah perintah, seruan, dan tugas yang Allah berikan kepada Rasulullah saw. Meskipun berbahasa Arab, Al-Qur’an ditujukan untuk segenap umat manusia sepanjang masa dengan bahasa yang jernih dan jelas sehingga orang yang tidak terpelajar sekalipun dapat memahami, menghafal, dan mengambil manfaatnya. Salah satu cara untuk menjaga keaslian Al-Qur’an adalah dengan menghafalnya. Menghafal Al-Qur’an punya banyak manfaat dalam kehidupan, terutama menumbuhkan kecerdasan spritual, ketentraman jiwa, dan kedekatan dengan Allah SWT. Dalam menumbuhkan semangat menghafal Alquran, unit kegiatan mahasiswa Al-Qur’an Study Club menyelenggarakan kegiatan Wisuda Tahfidh ke-5 sebagai pemacu semangat dan motivasi bagi para penghafal al-Qur’an untuk senantiasa menjaga kalam Ilahi hingga akhir hayat nanti.

            Wisuda Tahfidh ke-5 UKM ASC dilaksanakan secara luring di masjid Al-Hikmah Universitas Negeri Malang pada tanggal 30 Oktober 2022 yang diikuti oleh anggota pembinaan Tahfidhil Qur’an dan dari berbagai perguruan tinggi lain (eksternal UKM ASC) yang telah lulus ujian tahfidhil qur’an UKM ASC 2022. Bentuk kegiatan Wisuda Tahfidh ini yaitu serangkaian kegiatan prosesi wisuda dan mauidhoh hasanah untuk meningkatkan semangat penghafal al-Qur’an khususnya peserta wisuda tahfidh agar tetap istiqomah menjaga hafalan hingga akhir hayat. Prosesi wisuda terdiri dari beberapa kategori juz sesuai dengan jumlah juz yang telah disetorkan peserta ketika ujian tahfidhil qur’an UKM ASC 2022.

            Pendaftaran peserta Wisuda Tahfidh ke-5 UKM ASC dilaksanakan pada tanggal 21–27 Oktober 2022 melalui Google Form.  Pelaksanaan Wisuda Tahfidh ke-5 UKM ASC dilaksanakan pada hari Ahad, 30 Oktober 2022 pada pukul 07.30–11.25 WIB yang dimulai dengan penampilan banjari oleh Ulul Musthofa, dilanjut dengan pembukaan oleh MC, pemutaran lagu Indonesia Raya dan pemutaran mars UM, pembacaan ayat suci Al-Qur’an, sambutan oleh ketua pelaksana dan pendamping UKM ASC, kemudian prosesi Wisuda Tahfidh yang dibacakan oleh MC, pembacaan ikrar, penampilan wisudawan terbaik,  mauidhoh hasanah tentang “Wujudkan Semangat Mencintai Al-Qur’an, Sebarkan Keteladanan di Tengah Perkembangan Zaman” oleh Ustadz M. Shofiyullah, S.Pd., Al-Hafidz berlangsung selama satu jam yaitu mulai pukul 10.10–11.10 WIB dan diakhiri dengan doa penutup.

            Beberapa pesan yang disampaikan beliau ketika mauidhoh hasanah yang dapat membangkitkan motivasi  untuk menambah semangat para pejuang Al-Qur’an, diantaranya yaitu “Luruskan niat menghafal Al-Qur’an, karena niat akan menjadi penentu masa depan para Penghafal Al-Qur’an.” Beliau juga mengingatkan bahwa harus sabar dan telaten, berikan waktu khusus untuk Al-Qur’an, jangan sampai mengambil kesibukan yang menjadi waktumu jauh dengan Al-Qur’an.

            “Alhamdulillah acara wisuda ini merupakan acara yang luar biasa, karena kalau dari saya sendiri acara ini bisa untuk meningkatkan motivasi bagi saya untuk terus meningkatkan kuantitas dan kualitas hafalan”, ucap Muhammad Alfan Taufiqi, wisudawan terbaik putra. “Alhamdulillah cukup menarik sekali Bisa mengikuti program wisuda tahfidh ASC untuk pertama kalinya. Walaupun rasa-rasanya ujianku gak lancar, tapi Allah masih taqdirkan bertemu paru ahlul qur’an di sana. Terima kasih ASC” ungkap Imro’aturrozaniyah, peserta Wisuda Tahfidh ke-5 UKM ASC.            

Kegiatan Wisuda Tahfidh ke-5  UKM ASC juga menjadi sarana pemuda islam penerus masa depan bangsa. Generasi muda Islam yang diharapkan yakni generasi yang dapat mensyiarkan dan menjadi wadah untuk para penghafal Al-Qur’an. Dari Buraidah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa yang menghafal al-Quran, mengkajinya dan mengamalkannya, maka Allah akan memberikan mahkota bagi kedua orang tuanya dari cahaya yang terangnya seperti matahari. Dan kedua orang tuanya akan diberi dua pakaian yang tidak bisa dinilai dengan dunia.” Semoga Allah SWT meridhoi langkah kecil kita untuk membumikan al-Qur’an di kampus tercinta ini.

Tinggalkan Komentar