Wisuda Tahfidh Ke-4 2021

“Semangat Qur’ani untuk Mewujudkan Generasi Madani dengan Menjaga Kalam Ilahi”

Saat ini banyak orang yang berkeinginan menjadi penghafal al-Qur’an, namun tidak dapat mewujudkannya. Banyak orang yang ingin memulai menghafal namun hanya sekedar angan tanpa realisasi, banyak orang yang sedang dalam proses menghafal namun hafalannya tak kunjung bertambah, dan tidak sedikit juga orang yang telah hafal namun hafalannya semakin lama menjadi kurang lancar dan menghilang dari ingatan. Hal tersebut terjadi karena tidak adanya wadah (bagi orang-orang yang hendak menghafal) serta kurangnya semangat dan motivasi dari orang-orang yang telah hafal atau sedang dalam proses menghafal untuk menambah serta menjaga hafalannya. Berdasarkan hal tersebut maka diselenggarakan kegiatan yang diberi nama Wisuda Tahfidh ke-4 2021 sebagai pemacu semangat dan motivasi bagi para penghafal al-Qur’an untuk senantiasa menjaga kalam Ilahi hingga akhir hayat nanti.

            Wisuda Tahfidh ke-4 2021 dilaksanakan secara daring melalui Zoom pada tanggal 27 November 2021 yang diikuti oleh Anggota pembinaan Tahfidhil Qur’an dan Alumni UKM ASC. Bentuk kegiatan Wisuda Tahfidh ke-4 2021 yaitu serangkaian kegiatan prosesi wisuda dan webinar untuk meningkatkan semangat penghafal al-Qur’an khususnya peserta wisuda tahfidh agar tetap istiqomah menjaga hafalan hingga akhir hayat. Prosesi wisuda terdiri dari beberapa kategori juz sesuai dengan jumlah juz yang telah disetorkan peserta ketika ujian tahfidhil qur’an UKM ASC 2021.

            “Alhamdulillah kita dapat kesempatan untuk mendengarkan motivasi dari motivator luar biasa, yang menambah semangat para pejuang al-Qur’an dengan damai, hangat, dan ceria” ucap Bimo Aji Suseno, Ketua Pelaksana Wisuda Tahfidh ke-4 2021. “Alhamdulillah sudah saya sangka bahwa acara ini akan sangat meriah, beliau juga menjelaskan sangat detail dengan waktu yang singkat. Semoga dengan adanya acara ini dapat menjadi wadah (bagi orang-orang yang hendak menghafal) dan terus semangat untuk menambah serta menjaga hafalannya. Terimakasih UKM ASC” ungkap Azrin Daffa Auliya, Peserta Wisuda Tahfidh ke-4 2021.

            Pendaftaran peserta Wisuda Tahfidh ke-4 2021 dilaksanakan pada hari Senin–Jumat, 22–26 November 2021 pada pukul 08.00–23.59 WIB Virtual (melalui Google Form).  Pelaksanaan Wisuda Tahfidh ke-4 2021 dilaksanakan pada hari Sabtu, 27 November 2021 pada pukul 08.00–11.39 WIB yang dimulai dengan penampilan video VOA dan Ulul Musthofa, Pemutaran lagu Indonesia Raya dan Pemutaran mars UM, dilanjut dengan Pembukaan oleh MC; Pembacaan ayat suci al-Qur’an; Sambutan-sambutan oleh Ketua Pelaksana dan Pendamping UKM ASC; Webinar tentang “Amalan Hati untuk Hafalan Mutqin dan Membawa Keberkahan” oleh Ustadz Edi Susanto berlangsung selama satu jam yaitu mulai pukul 08.42–09.42 WIB. Kemudian Prosesi wisuda tahfidh yang dibacakan oleh MC dan Moderator; Penampilan wisudawan terbaik; dan diakhiri dengan Doa dan penutup.

            Kegiatan Wisuda Tahfidh ke-4 2021 juga menjadi sarana pemuda islam penerus masa depan bangsa. Generasi muda Islam yang diharapkan yakni generasi yang madani serta qur’ani. Tidak hanya berilmu pengetahuan, berakhlak mulia, dan mampu menghadapi pekembangan zaman dan peradaban, namun juga selalu bersemangat untuk mempelajari dan memahami al-Qur’an serta berusaha mengamalkan isi kandungan al-Qur’an di dalam kehidupan sehari-hari. Semoga Allah Swt. meridhoi langkah kecil kita untuk membumikan al-Qur’an di kampus tercinta ini. Aamiin.

Penulis: Azrin Daffa Auliya

Tinggalkan Komentar