UKM ASC Selenggarakan Festival Cakrawala Qur’ani 2022 sebagai Event Tahunan, Perwakilan WR III: Branding Awal UM kepada Peserta dari Belahan Nusantara

Event tahunan UKM Al-Qur’an Study Club (ASC) yang selalu dinantikan banyak pihak terutama para pelajar dari berbagai penjuru nusantara dimulai pada bulan April 2022. Festival Cakrawala Qur’ani 2022 merupakan event rutin setiap tahunnya dari Departemen Pembinaan UKM ASC. Secara umum, penyelenggaraan kegiatan Festival Cakrawala Qur’ani 2022 ini bertujuan menjadikan salah satu wadah bagi pelajar untuk mengekspresikan kemampuan di bidang seni al-Qur’an dan dakwah Islam, mengembangkan minat dan bakat seni baca dan tulis al-Qur’an pada pelajar sebagai upaya untuk mensyiarkan al-Qur’an, menumbuhkan kecintaan pada al-Qur’an serta menginternalisasikan nilai-nilai al-Qur’an pada generasi muda Islam. Kegiatan ini diikuti oleh pelajar tingkat SMA/MA/SMK/Sederajat dari berbagai penjuru nusantara. Kegiatan dengan mengangkat tema “Membumikan Al-Qur’an, Meraih Prestasi Gemilang” ini dibuka pada Sabtu, 28 Mei 2022 secara semi virtual yang bertempat di Gedung Ormawa Universitas Negeri Malang dan Zoom Meeting.

Pembukaan dan Technical Meeting Festival Cakrawala Qur’ani (FCQ) 2022 dihadiri oleh perwakilan Wakil Rektor III Universitas Negeri Malang, pendamping UKM ASC, dewan juri, para peserta dan guru pembimbing, serta khudama’ dan khudama’ muda UKM Al-Qur’an Study Club (ASC). Pembukaan dan Technical Meeting Festival Cakrawala Qur’ani (FCQ) 2022 bertujuan membuka secara resmi kegiatan Festival Cakrawala Qur’ani (FCQ) 2022 serta memberikan penjelasan dan pengarahan terkait teknis perlombaan masing-masing cabang kepada para peserta. Kegiatan ini diikuti dengan khidmat dan antusiasme yang tinggi oleh seluruh peserta.

Pembukaan Festival Cakrawala Qur’ani 2022 berlangsung dengan resmi, Acara dibuka oleh MC pukul 09.00 WIB dan dimulai dengan doa dan pembacaan ayat suci al-Qur’an oleh Saudari Memes Linda Ayu, dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars MTQ. Serangkaian sambutan juga disampaikan oleh ketua pelaksana, pendamping UKM ASC, dan perwakilan dari Wakil Rektor III di pembukaan acara. Kegiatan Festival Cakrawala Qur’ani 2022 dibuka secara resmi oleh Bapak Hendra Susanto, S.Pd., M.Kes., Ph.D. selaku perwakilan dari Wakil Rektor III. Penampilan grup banjari Ulul Musathofa meramaikan serangkaian acara pembukaan tersebut, dilanjutkan kegiatan Technical Meeting dengan membagi peserta ke dalam breakout cabang musabaqah masing-masing. Di akhir kegiatan dilakukan doa bersama untuk menutup acara pembukaan.

Besar harapan dari berbagai pihak atas terselenggaranya Festival Cakrawala Qur’ani (FCQ) 2022. “Semoga acara FCQ ini nantinya bisa mencetak generasi pecinta al-Qur’an yang mau berjuang untuk al-Qur’an, yang nantinya bisa dimuliakan di yaumul mizan. Mari senantiasa untuk fastabiqul khoirot, yakni berlomba-lomba dalam kebaikan”, ucap Vicky Galih Dewangga selaku ketua umum UKM ASC 2022. Selain itu, pimpinan dari Wakil Rektor III menyampaikan bahwa acara FCQ ini membuat branding awal UM kepada semua peserta dari belahan nusantara. Hal ini sejalan dengan pesan singkat dari Wakil Rektor III yang disampaikan oleh perwakilan, “Para peserta yang terlibat di kegiatan FCQ merupakan talent-talent yang sangat potensial sehingga harapannya barangkali peserta FCQ berminat join ke UM insyaAllah semua pimpinan kemahasiswaan bersama UKM ASC dengan tangan terbuka menyambut peserta FCQ menjadi calon mahasiswa UM.”

Pewarta: Auqi

Tinggalkan Komentar