Tips Memilih Tim KTIA Selama Pandemi

Satu tahun lebih Indonesia telah hidup berdampingan dengan Covid-19. Pandemi Covid-19 telah berhasil mengubah seluruh tatanan kehidupan masyarakat. Tidak hanya itu, Covid-19 juga berimbas pada sistem pendidikan, ekonomi, sosial dan budaya. Salah satu cara efektif yang digencarkan pemerintah dalam menekan laju pertambahan penyebaran virus ini adalah dengan menerapkan social distancing (pembatasan sosial). Banyak kegiatan harus beradaptasi dengan kondisi saat ini. Tidak sedikit kegiatan yang umumnya bisa dilakukan dengan tatap muka secara langsung kini harus dilakukan dengan sistem dalam jaringan (daring).

Keadaan ini juga berimbas pada persiapan perlombaan dalam berntuk tim yang cenderung membutuhkan kolaborasi yang baik antar anggota, seperti ajang perlombaan Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an (KTIA). Lalu, Bagaimana agar kita tetap dapat mencari tim dan berdiskusi dalam mempersiapkan perlombaan yang akan diikuti selama pandemi ini?

Berikut ini tips dalam memilih tim KTIA selama pandemi.

  • Memanfaatkan Grup Perkumpulan

Biasanya dalam skala fakultas maupun universitas banyak dijumpai grup perkumpulan ataupun organisasi mahasiswa (ormawa) yang dibentuk atas dasar hobi atau tujuan yang sama. Dari grup perkumpulan atau ormawa tersebut, kita dapat mencari teman dan menambah relasi. Tidak hanya itu, kita juga dapat memanfaatkan grup perkumpulan maupun ormawa ini dalam mencari partner yang tepat untuk berkolaborasi dan membentuk sebuah tim untuk menghadapi suatu perlombaan.

  • Perbanyak Relasi dengan Berkegiatan

Sebagai makhluk sosial, relasi menjadi peranan yang sangat penting dalam berkehidupan, salah satunya adalah dalam kolaborasi perlombaan. Kita dapat memperbanyak relasi dengan mengiktui berbagai kegiatan secara daring. Kita juga dapat mengajak teman kelas, teman diskusi, atau kelompok belajar, peserta pembinaan KTIA ASC untuk menjadi tim.  

  • Ikut Pembinaan

Pembinaan KTIA UKM ASC UM dapat menjadi jalan terbaik dalam menambah kemampuan dan mencari tim yang ideal dalam perlombaan. Aktif dipembinaan KTIA ASC dapat menambah wawasan kepenulisan dan studi Ulumul Qur’an. Pemateri yang mumpuni dan ahli dibidangnya telah dipersiapkan dalam mengupas KTIA sesuai dengan silabus yang ada.

Berdasarkan tips diatas, masing-masing individu tentunya memiliki cara sendiri untuk memilih tim yang baik. Meski demikian, hal terpenting dalam sebuah tim adalah adanya suatu tekad dan kerjasama yang baik antar anggota.

Penulis : Arsy Bintang Ramadhani

Editor  : Siti Nuradilla

Tinggalkan Komentar