Tingkatan Wanita Terbaik Menurut Al-Qur’an

Dalam Buku yang berjudul “Tamsil – tamsil dan Cerita Ajaib dalam Al – Qur’an & As – Sunnah” karangan Muslich (2018) dijelaskan tentang tingkatan wanita terbaik menurut Al – Qur’an dan penafsiran ulama. Para ulama menyusun wanita terbaik berdasarkan rangking sebagai berikut:

1. Maryam binti Imran (Ibu Nabi Isa AS)
2. Khadijah binti Khuwailid (Istri Rasulullah SAW)
3. Fathimah binti Rasulullah SAW
4. Asiah binti Muzahim (Istri Fir’aun)

Surat At Tahrim ayat 11 adalah surat yang mengisahkan tentang Asiah sebagai salah satu wanita terbaik.

وَضَرَبَ ٱللَّهُ مَثَلًا لِّلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱمْرَأَتَ فِرْعَوْنَ إِذْ قَالَتْ رَبِّ ٱبْنِ لِى عِندَكَ بَيْتًا فِى ٱلْجَنَّةِ وَنَجِّنِى مِن فِرْعَوْنَ وَعَمَلِهِۦ وَنَجِّنِى مِنَ ٱلْقَوْمِ ٱلظَّٰلِمِينَ

Artinya: “Dan Allah membuat tamsil (perumpamaan) bagi orang-orang yang beriman, yaitu isteri Fir’aun, ketika ia berkata: “Ya Rabbku, bangunkanlah untukku sebuah rumah di sisi-Mu dalam surga, dan selamatkanlah aku dari Fir’aun dan perbuatannya, dan selamatkanlah aku dari kaum yang dzhalim”. (QS. At Tahrim: 11)

Dalam sejarah diceritakan bahwa Asiah merupakan wanita yang beriman kepada Nabi Musa AS. Asiah dipaksa oleh Fir’an agar Kembali ke agama semula namun tidak mau, kemudian ia disiksa oleh Fir’aun dengan cara: tubuhnya dibaringkan dan wajahnya dihadapkan ke arah terik matahari kemudian tangan dan kakinya dipaku ke bumi. Selanjutnya sebuah batu besar diangkat dan dijatuhkan ke tubuhnya. Pada saat inilah Asiah berdoa dan doanya dikabulkan oleh Allah SWT. Ia tidak merasakan sakit sedikitpun akibat siksanya itu karena sembari melihat rumah yang telah dibangunkan Allah untuknya di surga. Dalam (Tafsir Jalalain II: 227) diceritakan bahwa Asiah diangkat ke surga dalam keadaan hidup, makan dan minum.

Referensi: Muslich, K.H.M.B. 2018. Tamsil – tamsil dan Cerita Ajaib dalam Al – Qur’an & As – Sunnah. Malang: LP3AH.

Departemen Syiar UKM ASC

Tinggalkan Komentar