Tim UKM ASC UM Raih Juara pada MTQMN UNY 2022

            Pandemi bukanlah halangan untuk menorehkan prestasi. Kali ini, atas kehendak Allah SWT, alhamdulillah tim UKM ASC UM berhasil meraih juara I, juara II, juara harapan I, dan juara harapan II pada ajang perlombaan Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional Universitas Negeri Yogyakarta  2022, yang dilaksanakan secara full online mulai tanggal 26 Januari–5 Maret 2022.

Ajang perlombaan Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional (MTQMN) ini diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dalam lingkup mahasiswa tingkat nasional. Perlombaan ini terdiri dari beberapa tahapan kegiatan mulai dari tahap pendaftaran, tahap seleksi penyisihan, tahap final, sampai pengumuman juara. Pendaftaran dilakukan secara online pada tanggal 26 Januari–21 Februari 2022. Selanjutnya tahap seleksi penyisihan dilakukan pada tanggal 22 Februari–3 Maret 2022. Dan pengumuman tim yang berhasil lolos ke babak final serta pelaksanaan babak final dan pengumuman juara dilaksanakan pada tanggal 4–5 Maret 2022.

Dengan motivasi meningkatkan kredibilitas dan kompetensi diri di bidang ke-al-Qur’an-an, UKM ASC UM pun ikut mengirimkan tim untuk ajang perlombaan tersebut, dan berhasil meraih juara I, juara II, juara harapan I, dan juara harapan II. Mahasiswa yang bernama Imro’aturrozaniyah adalah mahasiswa yang berhasil meraih juara I  untuk cabang Musabaqah Tartilil Qur’an (MTarQ). Tim yang beranggotakan mahasiswa yang bernama Tsuroyya Adibah Alkarimah dan Rahma Sekar Andini adalah tim yang berhasil meraih juara II  untuk cabang Musabaqah Debat Ilmiah Kandungan Al-Qur’an dalam Bahasa Inggris (MDI). Tim yang beranggotakan mahasiswa yang bernama Nabilah Azfa Fauziyyah, Wildatun Nabilah, dan Memes Linda Ayu adalah tim yang berhasil meraih harapan I  untuk cabang Musabaqah Syarhil Qur’an (MSQ). Tim yang beranggotakan mahasiswa yang bernama Siti Nuradilla dan Samudra Mutiara Hasanah adalah tim yang berhasil meraih harapan I untuk cabang Musabaqah Karya Tulis Ilmiah Kandungan Al-Qur’an (MKTIQ). Tim yang beranggotakan mahasiswa yang bernama Silvia Amiratun Nisa dan Tsania Khoirunnisa adalah tim yang berhasil meraih harapan II untuk cabang Musabaqah Karya Tulis Ilmiah Kandungan Al-Qur’an (MKTIQ). Dan terakhir, mahasiswa yang bernama Muhammad Fannil ‘Adtsy adalah mahasiswa yang berhasil meraih harapan II untuk cabang Musabaqah Khaththil Qur’an Kontemporer (MKQ).

Persiapan yang mereka lakukan untuk cabang MDI, dengan mencari tahu dan mengeksplorasi mosi-mosi yang harus dipelajari dan mencari dalil (ayat al-Qur’an dan hadits), sejarah, serta bukti-bukti yang relevan dengan isu yang diangkat. Sedangkan persiapan untuk cabang MKTIQ sangat mendadak karena pengumuman tim yang lolos ke babak final dan pelaksanan babak final terjadi secara bersamaan pada tanggal 4 Maret 2022, tetapi alhamdulillah tim mampu memberikan yang terbaik dan berhasil mendapatkan juara harapan I dan juara harapan II. Selain itu, tim UKM ASC UM sangat bahagia dengan diselenggarakannya MTQMN UNY 2022 ini karena ajang perlombaan ini sangat dinanti-nantikan, sebab banyak perlombaan di bidang ke-al-Qur’an-an lain yang ditunda karena pandemi. Oleh karena itu, adanya MTQMN UNY 2022 ini dijadikan sebagai ajang mahasiswa untuk menorehkan prestasi dan menjadikan semangat untuk terus mengikuti lomba-lomba yang lain.

 “Tetap semangat dalam lomba-lomba dan do your best, hasilnya tetap serahkan kepada Allah, insyaallah yang terbaik”, pesan Siti Nuradilla salah satu anggota tim MKTIQ yang berhasil meraih harapan I. Dan Tsuroyya Adibah Alkarimah salah satu anggota tim MDI yang berhasil meraih juara II juga berpesan, “Tetap semangat untuk terus belajar dan berkarya, serta kenali potensi diri dan kembangkan, jika kita bersungguh sungguh pastilah Allah memberi pertolongan.”

Pewarta : Naili Shofiaturrohmah

Tinggalkan Komentar