Bidang Tilawatil Qur’an

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Hallo generasi Qur’ani, selamat datang di pembinaan Tilawatil Qur’an.

Sudah tahukah kalian apa itu tilawah? Tilawah merupakan kegiatan membaca al-Quran dengan bacaan yang benar berdasarkan kepada kaidah ilmu tajwid namun disamping itu dianjurkan untuk memahami isi kandungannya dan juga mengamalkan isi kandungan al-Quran di samping itu juga menyampaikan dan mengajarkan kepada orang lainnya. Dengan melakukan tilawah pada dasarnya seorang muslim akan berupaya untuk melaksanakan proses membaca Al-Quran tersebut dengan sebenarnya. Melalui cara membaca Al-Qur’an secara mujawwad akan memiliki nilai tambah khusus bagi orang yang melanturkan dan yang mendengarkan, karena bisa lebih menikmati dan bisa meresapi ayat-ayat Al-Qur’an dengan menggunakan lagu dan variasi yang kita gunakan.

Jika teman-teman masih pengen tau secara mendalam seperti apa pembinaan tilawah. Disini kami akan menjelaskan pembinaan tilawah adalah suatu pembinaan yang mengajarkan terkait irama, baik lagu pokok maupun variasi dalam membaca al-Qur’an yang baik dan benar sesuai kaidah tajwid  dengan martabat mujawwad. Pembinaan Tilawah sendiri dinanungi oleh Departemen Pembinaan UKM Al-Qur’an Study Club (ASC). Perlu teman-teman ketahui tilawah ini merupakan seni baca Al-Qur’an yang sangat memiliki keindahan lagu dalam melantunkan ayat suci Al-Qur’an. Dan tilawah ini merupakan salah satu cabang yang ada dalam ajang lomba MTQ. Dan tilawah ini merupakan salah satu cabang lomba individu dari cabang yang ada dalam lomba MTQ. Dan pembinaan tilawatil Qur’an ini memiliki tujuan yaitu memberikan suatu pengalaman dan pembelajaran ilmu yang teman-teman peroleh dari suatu pemateri kita yang sudah berpengalaman di bidangnya. Tentunya di dalam pembinaan tilawah nanti aka nada uji tampil untuk para peserta pembinaan yang dinamakan Masaul Qiroah, dimana kegiatan ini merupakan kegiatan rutin dalam pembinaan tilawah, dan ini semacam lomba, tapi bedanya hanya bersaing sesame para peserta pembinaan itu sendiri. Dan ini melatih mental teman-teman semua, karena dengan adanya ini bisa membentuk mental yang kuat agar bisa merasakan seperti lomba biasanya.

Pada pembinaan ini kita akan belajar tentang kaidah  ilmu tajwid, irama dan lagu, serta melantunkan dengan baik dan benar. Cara belajar dalam pembinaan tilawatil Qur’an ini menggunaka metode pemateri (Ustadz atau Ustadzah) memberikan contoh, dan kemudian dilanjutkan sesi mencoba, maka dalam hal itu kita bisa praktek secara langsung, dan kita bisa tau apa saja kekurangan kita selama kita mempelajari ilmu tilawah.

Jadi tunggu apa lagi? Ayo bergabung dengan kami belajar dan berpogres lebih baik lagi bersama di pembinaan tillawah UKM ASC. Mari kita tunjukkan kepada dunia bahwa kita bisa membawakan suatu ayat suci Al-Qur’an atau kalam Allah SWT dengan tajwid dan lagu yang benar.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Informasi dan pendaftaran peserta pembinaan Tilawatil Qur’an: 085231896785 (Alfin)

Tinggalkan Komentar