Ta’aruf Qur’ani VII Tahun 2019 Wujudkan Generasi Rabbani Berjiwa Qur’ani

Malang – Cetak generasi milenial yang berjiwa qur’ani melalui Ta’aruf Qur’ani, ratusan mahasiswa mendapatkan pendidikan moral dan quraniyah selama 3 hari.

UKM Al-Qur’an Study Club telah mengadakan Ta’aruf Qur’ani 2019 yang mengusung tema “Membangun Generasi Madani Berjiwa” di Pondok Al Hayatul Islamiyah, Kedung Kandang, Malang pada tanggal 4 s.d. 6 Oktober 2019. Kegiatan ini diikuti oleh putra putri mahasiswa Universitas Negeri Malang dari berbagai angkatan dengan beragam jurusan dan fakultas.

Kegiatan ini diawali dengan khataman Al-Qur’an dan shalat maghrib berjamaah di aula utama. Setelah itu dilanjutkan dengan makan bersama dan pembukaan. Pengasuh Pondok, Ustadz Solikhin memberikan berbagai nasihat yang sangat berharga untuk para mahasiswa baik peserta maupun panitia. Beliau berharap agar organisasi ini dapat terus hidup dan mampu menghidupi seluruh muka bumi.

Materi yang disampaikan dalam kegiatan ini diantaranya adalah Motivasi Ke Al-Qur’an an oleh Ustadz Syahrul, Sejarah UKM ASC oleh Ustadz Faishol sebagai ketua pertama UKM ASC, KeASCan oleh Ustadz Malthuf, Networking oleh Ustadz Aliffudin Ikhsan, dan Tahsinil Qiro’ah oleh Ustadz Dayat. Semua materi diberikan secara sungguh-sungguh agar dapat diterima dan dipahami dengan baik oleh seluruh peserta.

Sabtu malam (5/10), kegiatan diisi dengan pengenalan seluruh Khudama’ ASC periode 2019 beserta tugasnya masing-masing. Pengenalan Khudama’ ini dimulai dari Pengurus Inti, Departemen Syiar, Departemen Kesejahteraan, Departemen Pembinaan, Departemen Kaderisasi, LSO TDI, LSO PP2, dan LSO PP3. Ada beberapa perubahan dari TAQUR 2018, yakni dengan adanya penampilan banjari dan gambus dari UKM ASC. Malam minggu yang diagendakan kali ini penuh dengan rasa kekeluargaan dan kehangatan antar sesama.

Perubahan acara juga ditambahkan pada hari minggu (6/10) yakni dengan adanya bakti sosial membersihkan lingkungan sekitar yang dilakukan oleh peserta dan panitia. Kegiatan ini juga dilengkapi dengan berbagai outbond yang melatih kerja sama antar anggota tim. Acara ditutup dengan pemberian berbagai macam kategori penghargaan kepada panitia dan peserta. Di akhir acara, seluruh peserta dan panitia melakukan shalat ashar berjamaah sebelum pulang ke tempat masing-masing.

Berbagai macam kesan dan pesan disampaikan oleh berbagai pihak kepada panitia, termasuk salah satu pengurus harian yang menjadi Kepala Departemen Syiar, M. Nasikhun Amin, “Saya yakin bahwa TAQUR tahun ini telah memberikan materi-materi yang luar biasa dan kedepannya akan menghasilkan kader-kader penerus perjuangan dalam mensyiarkan Al-Qur’an”. Tak lupa juga berpesan kepada seluruh keluarga besar UKM ASC, “Mulailah berpikir bahwasanya kita di ASC tidak hanya sekedar mengisi waktu luang, mencari teman, dsb. Tetapi ada hal yang lebih besar yang harusnya bisa kita lakukan. Tetap semangat dan selamat berkhidmat di UKM ASC, Raihlah semua kejayaaan di dunia maupun akhirat bersama UKM ASC”.

Terimakasih ya Allah, Terimakasih Al-Qur’an

Terimakasih langit dan bumi, yang telah menyatukan kami

Semoga kami dapat terus mengemban amanah ini

Semangat mensyiarkan Al-Qur’an, menjadi garda terdepan pensyiar kalam Allah

Terimakasih telah menjadi bagian dari UKM ASC

Man Jadda Wajada!

Oleh : Rintan Varadilla

 

Dokumentasi TAQUR VII UKM ASC 2019

Materi 1 – Motivasi Ke-Alqur’anan

Materi 2 – Sejarah ASC

Materi 3 – ASC

Materi 4 – Networking

Tinggalkan Komentar