Tanmiyah Kafa’ah Khudama’ 2022

Tanmiyah Kafa’ah Khudama’ 2022 merupakan salah satu program kerja dari departemen kaderisasi Unit Kegiatan Mahasiswa Al-Qur’an Study Club (ASC) dan merupakan kegiatan internal Khudama’. Tanmiyah Kafa’ah Khudama’ atau dapat disingkat dengan TKK merupakan kegiatan internal Khudama’ yang dilaksanakan satu kali dalam satu periode kepengurusan. Dalam kegiatan TKK kali ini, mengusung tema aktualisasi nilai ukhuwah, wujudkan kepengurusan yang berakhlak qur’aniyah.

Tanmiyah Kafa’ah Khudama’ dilaksanakan pada tanggal 26-27 oktober 2022 di Vila Pak Tuadi Kota Batu, dimana kegiatan ini dihadiri oleh para Khudama’ UKM ASC sejumlah 79 orang sebagai peserta dan Khudama’ muda 40 orang yang berpern sebagai panitia. Tujuan diselenggarakannya Tanmiyah Kafa’ah Khudama’ adalah untuk mempererat ukhuwah islamiah Khudama’  UKM ASC dan meningkatkan semangat Khudama’ untuk terus berproses di periode kepengurusan UKM ASC serta semangat dalam mensyiarkan al-Qur’an.

Ahmad Baihaqi selaku ketua pelaksana TKK dalam sambutannya mengatakan bahwa dengan diselenggarakannya kegiatan ini, Khudama’ bisa lebih memepererat ukhuwah antar sesama Khudama’ dan menambah rasa semangat para Khudama’ untuk terus berproses di UKM ASC, selalu menyertakan al-Qur’an disetiap prosesnya, serta semangat dalam mensyiarkan al-Qur’an.

Acara berlangsung dengan khidmat, menyenangkan, sekaligus mengharukan. TKK kali ini tidak hanya game saja namun juga diselingi dengan refleksi Khudama’ terhadap setengah periode kepengurusan yang sudah dijalankan sehingga dapat memperbaiki dan meningkatkan kinerja untuk setengah periode kepengurusan selanjutnya.

Untuk pelaksanaan TKK dihari pertama yaitu hari Jum’at tanggal 26 Agustus 2022 diawali dengan pembacaan khataman ayat suci al-Qur’an kemudian dilanjut dengan acara pembukaan yang dipandu oleh MC. Pada hari pertama panitia menghadirkan Ustadz Sultoni untuk menyampaikan mauidhoh hasanah kepada peserta TKK 2022. Peserta juga diminta untuk saling berkenalan satu sama lain dengan disertai beberapa game yang menyenangkan. Selain itu peserta maupun panitia diwajibkan untuk sholat berjamaah dan setiap selesai sholat peserta maupun panitia membaca ayat suci al-Qur’an secara bersama-sama, kemudian doa bersama dimana doa tersebut ditujukan kepada orang terdekat baik itu orang tua, keluarga, guru, teman, dan lain-lain. Kegiatan pada hari pertama ditutup pada malam hari dan dilanjutkan keesekon harinya yantu hari sabntu tanggal 27 Agustus 2022.

Hari kedua pelaksanaan Tanmiyah Kafa’ah Khudama’ 2022 terdapat sholat qiyamul lail, dan sholat subuh berjamaah. Kemudian senam pagi dan dilanjutkan dengan beberapa games, games tersebut dilakukan secara berkelompok. Terdapat 3 kelompok yang bertanding dalam games tersebut, dimana terdapat dua kelompok putri dan satu kelompok putra. Setelah games selesai peserta serta panitia makan bersama di aula villa. Acara selanjutnya adalah tukar kado dan juga surat cinta Khudama’ sekaligus surat cinta untuk panitia. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ikrar Khudama’ yang dipimpin oleh ketua umum ASC yaitu saudara Vicky Galih Dewangga. Setelah itu penutupan yang dipandu kembali oleh MC yang bertugas dan sesi terakhir adalah sesi dokumentasi. Tanmiyah Kafa’ah Khudama’ 2022 selesai dilaksanakan setelah waktu duhur.

Pewarta: Hikmatul Khasanah

Tinggalkan Komentar