Bidang Tahsinil Qiro’ah

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hallo sahabat Qur’ani, selamat datang di pembinaan Tahsinil Qiro’ah.

Apasih tahsinil qiro’ah itu ? Tahsinil Qiro’ah adalah memperbaiki bacaan Al-Qur’an secara benar sesuai dengan kaidah-kaidah ilmu tajwid. Sesuai dengan perkataan sayyidina Ali bin Abi Thalib, makna tajwid adalah

تجويد الحروف و معرفة الوقوف

Yang bermakna “ membagusi bacaan tentang tempat-tempat keluarnya huruf (hijaiyah) dan mengetahui tempat waqof (berhenti)”.

untuk mewadahi para pecinta Al-Qur’an khususnya mahasiswa Universitas Negeri Malang dan umumnya masyarakat luar yang ingin memperbaiki bacaan serta menambah wawasan tentang ilmu tajwid, UKM Al-Qur’an Study Club menyediakan Pembinaan Tahsinil Qiro’ah.

Pembinaan Tahsinil Qiro’ah merupakan salah satu bidang yang dinaungi oleh departemen pembinaan UKM Al-Qur’an Study Club (ASC) Universitas Negeri Malang yang membina, mewadahi, dan memfasilitasi peserta dalam memperbaiki bacaan Al-Qur’an sesuai dengan kaidah tajwid dan waqaf ibtida’ yang benar dan tepat dengan qiraat bacaan Imam ‘Ashim riwayat Hafs. Peserta pembinaan diharapkan dapat meningkatkan kualitas bacaan dan memahami serta mengaplikasikan kaidah-kaidah penting dalam membaca Al-Qur’an.

Dalam rangka mencapai tujuan dan harapan, bidang pembinaan Tahsinil Qiro’ah memberikan wadah untuk belajar bersama berupa pembinaan rutin, klinik tahsin, dan pembinaan Tahsinil Qiro’ah Klaster Khusus. Pembinaan Tahsinil Qiro’ah dibagi menjadi 3 kelas, yaitu kelas A, kelas B, dan Kelas C. Penentuan kelas-kelas ini didasarkan pada hasil pretest yang dilakukan peserta sebelum mengikuti pembinan rutin. Adanya pembagian kelas ini bertujuan agar peserta pembinaan lebih maksimal dalam belajar membaca Al-Qru’an. Sedangkan adanya klinik tahsin bertujuan untuk memonitoring bacaan Al-Qur’an peserta pembinaan setelah diberikan materi-materi ketika pembinaan rutin. Pembinaan rutin dan klinik tahsin antara putra dan putri dibidang pembinaan ini dilaksanakan secara terpisah.

Jadi tunggu apa lagi ? segera daftarkan diri anda di pembinaan Tahsinil Qiro’ah. Mari kita belajar bersama untuk memperbaiki kualitas bacaan kita.

Informasi dan pendaftaran peserta pembinaaan Tahsinil Qiro’ah:

Putra:

0895330837136 (Whildhan)

082240634226 (Diyah)

Tinggalkan Komentar