Ta’aruf Qur’ani (TAQUR) IX 2021

“Mewujudkan Generasi Milenial Berakhlak Al-Qur’an”

Dalam upaya mewujudkan generasi milenial yang berkarakter luhur dan berpedoman pada al-Qur’an, UKM Al-Qur’an Study Club (ASC) Universitas Negeri Malang menyelenggarakan kegiatan Ta’aruf Qur’ani (TAQUR). Tahun 2021 merupakan tahun ke-9 UKM ASC menyelenggarakan kegiatan tersebut. Ta’aruf Qur’ani (TAQUR) merupakan sebuah diklat yang diselenggarakan oleh UKM ASC sebagai persyaratan untuk menjadi anggota UKM ASC. Kegiatan ini merupakan pintu gerbang bagi mahasiswa Universitas Negeri Malang yang tertarik untuk mengenal ilmu al-Qur’an secara lebih mendalam.

            Ta’aruf Qur’ani (TAQUR) IX 2021 dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting  pada tanggal 19–21 November 2021 yang diikuti oleh 202 mahasiswa aktif Universitas Negeri Malang yang beragama Islam. Bentuk kegiatan Ta’aruf Qur’ani (TAQUR) IX 2021 yaitu serangkaian acara pengenalan Unit Kegiatan Mahasiswa Al-Qur’an Study Club (UKM ASC) dan al-Qur’an. Kegiatan ini berisi pemberian materi tentang ke-al-Qur’an-an, sejarah UKM ASC, tahsinul qiro’ah, manajemen organisasi dan networking, serta semangat mecintai al-Qur’an. Terselenggaranya Ta’aruf Qur’ani (TAQUR) IX 2021 adalah sebagai forum diskusi ke-al-Qur’an-an untuk menumbuhkan dan menambahkan kecintaan terhadap al-Qur’an pada mahasiswa Universitas Negeri Malang serta sebagai sarana untuk  menyatukan dan mempererat ukhuwah islamiahmahasiswa Universitas Negeri Malang untuk bersama-sama berjuang mensyiarkan al-Qur’an.

            “Selamat bergabung di keluarga besar UKM ASC, semoga nantinya kita semua bisa istiqomah dan selalu semangat dalam mensyiarkan Al-Qur’an khususnya dalam Universitas Negeri Malang dan terlebih di negara kita tercinta Republik Indonesia”. Ucapan selamat kepada peserta dari ketua pelaksana Ta’aruf Qur’ani (TAQUR) IX 2021, saudara Ahmad Iqbal Hafikhi dalam sambutannya. “Alhamdulillah peserta Ta’aruf Qur’ani (TAQUR) IX 2021 mencapai sekitar 201 peserta, meneruskan tradisi UKM ASC yang setiap tahunnya peserta TAQUR itu mencapai sekitar 200 peserta, semoga tidak hanya kuantitas yang kita peroleh tapi juga semuanya, teman-teman juga tidak kalah di bagian kualitas. Jangan khawatir ya, teman-teman disini memilih UKM ASC merupakan pilihan yang sangat tepat dan juga sangat baik, saya katakan seperti ini karena UKM ASC merupakan salah satu UKM terbaik yang ada di Universitas Negeri Malang, bahkan bukan hanya di UM, secara nasioanl pun UKM ASC sangat dikenal dan sering kali menjadi rujukan dari UKM-UKM ke-al-qur’an ataupun kerohanian di kampus lain”. tutur Robitul Choir, Ketua Umum UKM ASC dalam sambutannya.

            Pembekalan peserta Ta’aruf Qur’ani (TAQUR) IX 2021 dilaksanakan pada hari Jum’at, 19 November 2021 pada pukul 15.30-16.30 WIB.  Kemudian dilanjutkan dengan khataman online melalui grup WhatsApp dengan batas penyelesaian bacaan pada hari Sabtu, 20 November 2021 sesaat sebelum acara hari pertama dimulai. Pelaksanaan Ta’aruf Qur’ani (TAQUR) IX 2021 di hari pertama berjalan dengan khidmat, mulai dari pembacaan do’a khotmil qur’an, sesi penyampaian materi hingga seluruh penugasan di hari pertama dilaksanakan dengan baik oleh para peserta. Begitupun di hari kedua, peserta masih tetap semangat dan antusias dalam mengikuti serangkaian acara dari kegiatan Ta’aruf Qur’ani (TAQUR) IX 2021.

            Penutupan Ta’aruf Qur’ani (TAQUR) IX 2021 berlangsung selama satu jam yaitu mulai pukul 19.30-20.30 pada hari Ahad, 21 November 2021. Rangkaian acara penutupan meliputi pembacaan ikrar anggota ASC yang dipimpin oleh saudara Alkaromah Sihafuddin selaku Ketua Departemen Kaderisasi UKM ASC dan diikuti oleh seluruh peserta. Kemudian dilanjutkan dengan pengumuman Putra Putri TAQUR IX 2021. “Tentu saya sangat senang dan bahagia sekali karena sudah diamanahi untuk menjadi Putra TAQUR IX 2021, semoga kegiatan Ta’aruf Qur’ani (TAQUR) di tahun depan bisa dilaksanakan secara offline dan tepat waktu sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan”. Tutur Miftakhul Firman Ferdiansyah Efendi dalam penyampaian pesan dan kesan menjadi Putra TAQUR IX 2021.

            “Kalau sudah cinta sama al-Qur’an, kita harus sepenuhnya mengerahkan jiwa dan raga kita buat al-Qur’an, kita amalkan apa yang kita pelajari dari al-Qur’an jangan hanya membaca saja, sebisa mungkin kita amalkan apa yang sudah kita pelajari dari al-Qur’an”. Pesan dan kesan dari Imro’aturrozaniyah, penyandang gelar Putri TAQUR IX 2021. Kegiatan Ta’aruf Qur’ani (TAQUR) juga menjadi sarana untuk mencetak generasi rabbani berjiwa qur’ani di Universitas Negeri Malang. Semoga Allah Swt. meridhoi langkah kecil kita untuk membumikan al-Qur’an di kampus tercinta ini. Aamiin.

Penulis: Nanda Nafi’atul Khusna

Tinggalkan Komentar