Semaan Al-Qur’an Bil Ghoib dan Doa Bersama UKM ASC 2021

Sebagai masyarakat yang hidup ditengah-tengah ribuan tradisi dan budaya, umat Islam Indonesia memiliki cara tersendiri dalam menyambut bulan suci Ramadan. Salah satu tradisi yang biasa dilakukan dalam menyambut bulan suci Ramadan adalah melakukan doa bersama. Sebagai salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang bergerak dalam bidang Al-Qur’an, UKM Al-Qur’an Study Club (ASC) turut melakukan kontribusi dakwah Al-Qur’an dengan mengadakan kegiatan Semaan Al-Qur’an Bil Ghoib dan Doa Bersama UKM ASC 2021 pada Sabtu, 10 April 2021. 

Di samping untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadan, Semaan Al-Qur’an Bil Ghoib dan Do’a Bersama UKM ASC 2021 ditujukan untuk mengenang dan menghormati jasa para Ustadz pendiri UKM ASC yang telah mendahului yaitu, Alm. Ust. Dr. H. Khoirul Adib, M.A. yang wafat pada 28 Februari 2013, Alm. Ust. Dr. Achmad Syafa’at, M.Ag. wafat pada 2 Februari 2015, dan Alm. Ust. Manshur Thoyyib, S.Pd.I. Al-Hafidh wafat pada 31 Januari 2017.

Kegiatan ini dilaksanakan secara luring bertempat di Masjid Al-Hikmah Universitas Negeri Malang dan secara daring melalui kanal YouTube UKM ASC. Tidak hanya ditujukan untuk khudama’UKM ASC, kegiatan ini juga turut mengundang keluarga besar UKM ASC (khudama’ muda, Majelis Kehormatan, sesepuh dan anggota), pendamping UKM, pembina UKM, dosen Pendidikan Agama Islam, Keluarga Asatidz, Forum Mahasiswa Pecinta Al-Qur’an Malang Raya, serta seluruh civitas akademika Universitas Negeri Malang.

Ustadz Dr. Achmad Sultoni, S.Ag., M.Pd.I. selaku pendamping UKM sekaligus mewakili Bapak Rektor dalam membuka kegiatan menyampaikan bahwa, Kegiatan semaan seperti ini perlu ditindaklanjuti dan dibiasakan setiap tahun. Akan sangat bagus apabila UKM Al-Qur’an Study Club, sebagai UKM yang dekat dengan Al-Qur’an terus melanjutkan tradisi yang baik ini. Terlebih lagi kegiatan ini dilaksanakan menjelang bulan Ramadan. Semoga kegiatan ini dapat memberikan suasana yang religious dan menambah semangat kita dalam beribadah di bulan Ramadan”.

Setelah sesi sambutan dan pembukaan selesai kemudian dilanjutkan dengan semaan Al-Qur’an Bil Ghoib oleh beberapa peserta pembinaan tahfidz UKM ASC yang berlangsung dengan khidmat dari pukul 08.30−12.30 WIB. Setelah melaksanakan ishoma dan pembacaan doa khotmil qur’an acara dilanjutkan dengan pemberian Mauidhoh Hasanah oleh Ustadz Dr. Kholisin, M.Hum. dengan tema Al-Qur’an membimbing masa depanku”. Kemudian dianjutkan dengan pemberian cinderamata kepada pemateri Mauidhoh Hasanah serta Keluarga Asatidz dan ditutup dengan doa.

Ustadz Dr. Kholisin, M.Hum. dalam Mauidhoh Hasanah menyampaikan bahwa “Rasulullah SAW bersabda bahwa, sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya. Dalam hadits lain Rasulullah SAW juga bersabda bahwa barang siapa yang menunjukkan kebaikan, maka dia akan mendapatkan pahala kebaikan seperti orang yang mengajarkan”.

Kegiatan Semaan Al-Qur’an Bil Ghoib dan Doa Bersama UKM ASC 2021 diharapkan mampu menjadi media dakwah Al-Qur’an dan menjadi model pendidikan karakter bagi khudama’ dan khudama’ muda UKM ASC tahun 2021 secara khusus dan bagi seluruh civitas akademika Universitas Negeri Malang serta masyarakat luar secara umum, pesan Moh. Fuadudin selaku Ketua Pelaksana kegiatan Semaan Al-Qur’an Bil Ghoib dan Doa Bersama UKM ASC 2021.

Pewarta: Ni’matus Sa’diyah

Tinggalkan Komentar