Sejarah UKM ASC di Kampus 3 Universitas Negeri Malang

Malang – Sejarah terbentuknya Al-Qur’an Study Club (ASC) di Kampus 3 Universitas Negeri Malang diawali dengan dibangunnya masjid An-Nur pada tanggal 1 Desember 2015. Pada tahun ini, Nanang, mahasiswa angkatan 2014 ditunjuk sebagai ketua takmir masjid An-Nur, beliau sekaligus merangkap sebagai anggota Koordinator Kegiatan Mahasiswa (KKM) Kampus 3 Divisi Penalaran. Kemudian pada tahun 2016, ketua takmir dijabat oleh Mismoyo, mahasiswa angkatan 2014 yang juga merangkap sebagai anggota KKM bagian Humas. Pada tahun ini, Lembaga Pengembangan Pendidikan Pembelajaran Universitas Negeri Malang (LP3-UM) mengadakan kegiatan TDI BBQ (Tafaqquh Fii Diinil Islam & Bimbingan Baca Al-Qur’an) di Kampus 3 sebagai paket pendalaman wawasan dan pengamalan ajaran Islam yang integral dengan mata kuliah Pendidikan Agama Islam. TDI BBQ ini pertama kali diterapkan di Kampus 3 pada mahasiswa angkatan 2015 Semester II pada bulan Februari, dengan KKM sebagai pengurus kegiatan. Penganggung jawab TDI adalah Mismoyo dan penanggung jawab BBQ adalah Adyl.

Pada awal 2017 Bapak Dr. Dedi Kuswandi, M.Pd, selaku kepala bidang kemahasiswaan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) berkunjung ke Kampus 3 dan berencana untuk membentuk Al-Qur’an Study Club (ASC) Kampus 3, sebagai cabang dari ASC di Kampus Pusat. Tujuannya adalah untuk mewadahi pembinaan MTQ di Kampus 3 serta untuk meningkatkan prestasi FIP dalam MTQ. Kemudian berhasil dibentuk pengurus ASC di Kampus 3 secara langsung tanpa mengikuti Ta’aruf Qur’ani (Taqur), dengan Mysmoyo sebagai ketua, Adyl sebagai sekretaris, Ela sebagai bendahara, Aziz sebagai kadep kaderisasi, dan Fitrio sebagai kadep pembinaan, dengan anggota yaitu Aulya, Ulya, Dinatma, Ajeng, dan Hilda. Selanjutnya, anggota inilah yang mengikuti Ta’aruf Qur’ani (Taqur) ke-3 yang mana merupakan peserta Taqur pertama dari Kampus 3. Kegiatan ASC Kampus 3 pada saat itu masih terfokus dengan kegiatan pembinaan saja, yaitu pembinaan Tartilil Qur’an dan Tilawatil Qur’an, yang mana pengajar pembinaan langsung didatangkan dari ASC Pusat ketika kegiatan TDI BBQ berlangsung di Kampus 3. Setelah itu, kegiatan dikembangkan melalui diadakannya kegiatan One Week One Juz (OWOJ) yang diperuntukkan bagi anggota ASC Kampus 3. Pada mulanya kegiatan OWOJ hanya diperuntukkan kepada anggota pengurus ASC PP3 saja, namun ternyata dari beberapa mahasiswa kampus 3 ada yang berminat ikut kegiatan tersebut hingga pada akhirnya dibuka untuk umum.

Pada tahun 2018, kepengurusan ASC Kampus 3 diamanahkan kepada Aulia sebagai ketua, Nur Ika Amalia sebagai sekretaris, Nur Fitri Mulyati sebagai bendahara, Eka Suci Ramadhani sebagai kadep kaderisasi, Dewi Lutfita Sari dan M. Nur Iswahyudin sebagai anggota kaderisasi, Elok sebagai kadep pembinaan berikut anggotanya yaitu ‘Izatil Ulya (tilawah), Tomi Andika (kaligrafi), Umi Nahdhiah (tahsin). Selain OWOJ, peringatan hari besar Islam juga berhasil diadakan oleh ASC Kampus 3 yang bekerja sama dengan KKM Kampus 3 dan Takmir masjid An-Nur. Hingga saat ini ASC Kampus 3 terus berkembang dengan kegiatan yang mulai menyesuaikan dengan ASC pusat. Diharapkan dengan adanya ASC Kampus 3, dapat menjadi wadah mahasiswa dalam mensyiarkan Al-Qur’an.

 
 
 
Oleh : Alifah Retno Wulan

Tinggalkan Komentar