Sebab-sebab Tidak Dikabulkannya Doa

Pernahkah setelah menghaturkan doa-doa sempat terfikirkan bahwa doa tersebut tidak terkabulkan? Mungkin hal tersebut terjadi karena adanya hal-hal yang menghalangi terkabulnya doa. Sebelum itu mari mengetahui apa itu doa dan bagaimana urgensinya dalam Islam.

Doa merupakan salah satu sarana untuk berkomunikasi antara hamba dengan Allah SWT dalam keadaan tertentu. Oleh karena itu, doa bukan hanya semata-mata untuk memohon pertolongan Allah dalam memecahkan problem manusia yang dihadapinya, akan tetapi dalam konteks secara luas sebagai suatu kebutuhan dalam rangkaian ibadah.

Dahulu, ada yang berpendapat bahwa doa tidak berguna. Mereka berkata: “Kalau yang diharapkan oleh siapa yang berdoa telah diketahui oleh Tuhan, dengan pengetahuan-Nya yang menyuruh itu bahwa harapan tersebut akan terjadi, maka apa gunanya doa?

Ada lagi berkata bahwa sebenarnya segala sesuatu telah ditetapkan Allah dan tertulis di Lauh al-Mahfûzh. Jika demikian apa gunanya doa? Jika diperhatikan di dalam al-Qur’an, paling tidak ada dua hal yang mendorong manusia untuk mendekatkan diri atau beribadah kepada Allah. Pertama, sisi kebesaran dan keagungan Allah. Kedua, sisi manusia itu sendiri. Manusia adalah makhluk yang memiliki naluri gembira dan sedih, senang dan susah, takut, cemas dan mengharap, sehingga ia membutuhkan sandaran dan pegangan dalam hidupnya.

            Manusia sebagai makhluk yang memiliki kelemahan dan kekurangan, tidak dapat menyelesaikan semua persoalan tanpa bantuan yang lain. Sebagai makhluk yang memiliki keyakinan bahwa ada yang lebih ampuh untuk dapat memberikan bantuan, itulah Tuhan. Tentunya dia harus senantiasa membuka jalan untuk berkomunikasi yang intim dan intensif dengan Sang Maha Pencipta dalam bentuk permohonan (doa), sekalipun hal itu tidak segera tercapai, tetapi komunikasi dengan doa itu tetap memberikan nuansa yang optimis.

            Yang menjadi persoalan adalah apakah pengabulan doa seorang hamba itu ketika dia berdoa Allah langsung mengabulkannya atau tidak? Oleh karena itu, ulama dalam memahami ayat ini mengatakan bahwa paling tidak pengabulan doa itu terlaksana dalam tiga bentuk: Pertama, dikabulkan doa seseorang sesuai dengan permintaannya. Kedua, dikabulkan dengan menggantikannya dengan sesuatu yang lain yang lebih bermanfaat dan ketiga, ditangguhkan pada hari kemudian untuk diberi ganjaran. Lantas apa yang menyebabkan doa kita tidak terkabul?

Berikut beberapa penghalang doa:

  1. Bersenang-senang dengan yang haram, berupa makan, minum dan berpakaian.

“Rasulullah menceritakan tentang seorang lelaki yang berjalan jauh, dengan rambut kusut berdebu, menengadahkan kedua belah tangannya ke langit sembari berkata, ‘Wahai Tuhanku, wahai Tuhanku!’ sedangkan makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram, makan dari barang yang haram, maka bagaimana mungkin ia dikabulkan” (HR. Muslim).

  • Tergesa-gesa dan meninggalkan doa

Sungguh Rasulullah SAW telah menjadikan kedua perkara ini kedalam kelompok penghalang terkabulnya doa agar seorang hamba tidak memutuskan harapannya dari terkabulnya doa, meskipun lama waktunya. Sesungguhnya Allah sangat suka mendengar rengekan hamba di dalam berdoa.

  • Melakukan maksiat dan perbuatan haram

Boleh jadi melakukan pekerjaan haram menjadi penghalang terkabulnya doa, oleh karenanya sebagian ulama Salaf berkata, “Jangan mengharap terkabulnya doa padahal engkau sungguh-sungguh sudah menutup jalan terkabulnya dengan maksiat.”

  • Meninggalkan kewajiban yang diperintahkan oleh Allah

Demi nyawaku yang ada di tangan-Nya, hendaklah kamu perintahkan dengan sungguh-sungguh untuk berbuat baik dan melarang dengan sungguh perbuatan mungkar atau Allah akan menimpakan adzab-Nya karena (kelalaianmu), kemudian kamu memohon kepada-Nya, lalu Allah tidak akan memperkenankan kamu. ” (HR. At-Tirmidzi dan lihat di kitab Shahihul Jami’).

Referensi:

Majmu’ fatawa bin Baaz 1/258-266 di susun oleh Ath-Thayyar.

Mursalim, M. (2011). Doa dalam Perspektif al-Quran. Al-Ulum, 11(1), 63-78.

Kritik dan saran terkait Mading ASC dapat ditulis Disini

Departemen Syiar




Air Jordan 1 Low OG Neutral Grey (2021) (W) – nike free run womens 5.0 – 100 – CZ0775 | Στοκ, blue woodside nike boots for boys toddler , Προσφορές , nike air safari women gray purple eyes color code Παπούτσια. Βρες κορυφαία Jordan Sneakers στη Μοναδική Συλλογή Air Jordan , Apgs-nsw

Tinggalkan Komentar