RAPAT KERJA DAN PELANTIKAN KHUDAMA’ UKM ASC 2019

“Barang siapa yang merawat al-Qur’an maka hidupnya akan dirawat oleh yang punya al-Qur’an”
(Alm. Ustadz Syafaat)

 
 
 
Sabtu, 26 Januari 2019 merupakan momen spesial bagi khudama’ baru UKM ASC Universitas Negeri Malang. Pasalnya hari tersebut menjadi awal dari tonggak kepengurusan UKM ASC tahun 2019 yang ditandai dengan dilaksanakannya Rapat Kerja dan Pelantikan Khudama’ UKM ASC. Agenda yang berlangsung selama dua hari ini bertempat di Graha Insan Cita, Malang. Selain bertujuan untuk rapat kerja dan pelantikan, agenda tersebut juga bermaksud untuk mengenalkan serta mengakrabkan antar khudama’ baru UKM ASC. Acara yang sakral ini pun tidak hanya dihadiri oleh khudama’ baru, namun juga dihadiri oleh khudama’ tahun-tahun sebelumnya.
Kegiatan ini diawali dengan khataman dan doa bersama pada pukul 13.00 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan sekaligus pembacaan ayat suci al-Qur’an. Selanjutnya sambutan Ketua Umum (Ketum) UKM ASC 2019 yaitu Moh Nursalim sekaligus memaparkan Selayang pandang gerak kabinet Ketum dan pembahasan struktural UKM ASC. Setelah ashar, acara dilanjutkan dengan perkenalan anggota dari Pengurus Inti (PI) hingga semua departemen dan LSO. Acara kembali berlangsung setelah magrib dengan agenda sidang komisi masing-masing departemen. Saat sidang komisi, masing-masing departemen didampingi pengurus tahun-tahun sebelumnya di departemen tersebut guna memberi gambaran tentang hal-hal yang perlu dilakukan, evaluasi kepengurusan sebelumnya, serta saran bagi kepengurusan yang baru.
Pada hari kedua, tepatnya Minggu 27 Januari 2019 dimulai dengan materi tentang proker oleh Ustadz Maltuf sekitar pukul 08.00 WIB, yang kemudian dilanjutkan dengan presentasi program kerja (proker) masing-masing departemen hingga LSO dan PI. Presentasi ini bertujuan untuk mempertimbangkan program serta menetapkan program yang akan dilaksanakan selama satu tahun kepengurusan. Saran demi saran pun telah dilayangkan kepada pengurus baru agar dapat berjalan lebih baik dari kepengurusan sebelumnya. Setelah dzhur barulah dilaksanakan pelantikan dan pembacaan ikrar khudama’ UKM ASC yang dipimpin langsung oleh pendamping UKM ASC yaitu Ustadz Dr. Yusuf Hanafi, S.Ag., M.Fil. I. Acara pelantikanpun berlangsung dengan khidmat, tak sedikit khudama’ yang meneteskan air mata saat pembacaan ikrar karena terharu dan perasaan tanggung jawab yang besar akan amanah yang akan diemban setahun kedepan.

Akan memegang teguh Al Qur’an dan Al-Hadits sebagai pedoman hidup. Akan senantiasa menjaga adab-adab Islami dalam pergaulan sehari-hari, demi tegaknya Islam di muka bumi. Akan senantiasa mengikuti pembinaan rutin UKM ASC sesuai bidang yang diminati. Bersedia untuk memberikan kontribusi yang sebesar-besarnya bagi UKM ASC. Patuh kepada pimpinan dan AD/ART UKM ASC selama dalam kebaikan. Demikian ikrar kami… Dengan disaksikan Allah Yang Maha Mengetahui Lagi Maha Mendengar dan para Malaikat yang mengelilingi…Serta Saudara-saudara se-iman kami….

Begitulah bunyi ikrar yang sudang didengungkan oleh seluruh khudama’ UKM ASC masa khidmat 2019. Semoga dengan terucapnya ikrar tersebut, dapat menjadi pertanda kesiapan khudama’ UKM ASC untuk melaksanakan tugasnya dengan baik dan penuh tanggung jawab, serta meningkatkan kualitas pekerjaan dengan tulus ikhlas. Tak luput melaksanakannya dengan niat utama untuk syiar’ al-Qur’an.

Oleh : Izzatun Navis

Tinggalkan Komentar