Raih Kebahagiaan Dunia Akhirat dengan Ilmu

RAIH KEBAHAGIAAN DUNIA AKHIRAT DENGAN ILMU

Seorang muslim dituntut mencasi pribadi yang cerdas serta memiliki pengetahuan yang luas. Segala pengetahuan yang dapat membantu manusia dalam menjalani kehidupan dapat diperoleh dengan cara belajar. Betapa Allah mengagungkan ilmu dan orang-orang yang belajar tergambar dalam firman pertama-Nya, yakni perintah untuk membaca, Allah berfirman artinya :

“Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu Yang Menciptakan. Dia (Allah) telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmu Yang Maha Pemurah. Yang mengajar manusia dengan perantaraan qalam. Dia (Allah) mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya” (QS. 96 Al  ‘Alaq : 1-5).

Membaca sendiri merupakan salah satu cara untuk memeroleh ilmu pengetahuan. Berbagai ilmu dari masa-kemasa dituangkan melalui tulisan.

Allah swt. menjamin akan meninggikan derajat  orang-orang berilmu dan memudahkan segala urusan dunia dan akhiratnya sebagaimana petikan ayat al-aur,an dan perkataan imam Syafi’i berikut:

يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.“ (Al Mujadilah : 11).

مَنْ اَرَادَ الدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ وَمَنْ اَرَادَ اْلاَخِرَةَ فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ وَمَنْ اَرَادَهُمَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ

“Barangsiapa yang ingin sukses di dunia maka hendaklah dengan ilmu, barangsiapa yang ingin sukses di akhirat maka hendaklah dengan ilmu, dan barangsiapa yang ingin sukses pada keduanya (dunia dan akhirat) maka hendaklah dengan ilmu (pula)” –Imam Syafi’i

Jadi, dapat disimpulkan bahwa kunci meraih kebahagiaan di dunia dan di akhirat dapat diperoleh dengan belajar.

 

Departemen Syiar UKM ASC

link Poster: Download

Tinggalkan Komentar