Program Tutorial B2HQ Universitas Siliwangi Kunjungi UKM ASC untuk Studi Banding

UKM Al-Qur’an Study Club Universitas Negeri Malang kembali menerima kehormatan dengan menerima kunjungan dari Program Tutorial Bebas Buta Huruf Al-Qur’an (B2HQ) Universitas Siliwangi untuk studi banding pada Selasa (25/10/2022). Studi Banding tersebut dilakukan secara offline di ruang rapat 1 Graha Rektorat Universitas Negeri Malang mulai pukul 08.00-11.30 WIB yang dihadiri oleh 19 Khudama’ UKM ASC, perwakilan dari kemahasiswaan Universitas Negeri Malang, dan 11 Pengurus Program Tutorial B2HQ yang juga didampingi oleh pendamping program tersebut.

Dalam studi banding tersebut, Program Tutorial B2HQ bermaksud melihat secara langsung kinerja dari UKM ASC untuk dijadikan pelajaran dan contoh bagi program tutorial B2HQ ke depannya. Hal tersebut disampaikan langsung oleh ketua program tutorial B2HQ di awal pertemuan.

Kegiatan studi banding dimulai dengan pembukaan dan tilawatil qur’an oleh salah satu Khudama’ UKM ASC, lalu diikuti dengan sambutan dari masing-masing pihak, yaitu dari ketua umum UKM ASC dan ketua Program Tutorial B2HQ. Kemudian dilanjutkan ke acara inti yaitu pemaparan grand desain dari UKM ASC dan Program Tutorial B2HQ. Setelah seluruh rangkaian acara selesai, kegiatan studi banding ditutup dengan penyampaian kesan dan pesan oleh perwakilan kedua pihak.

Vicky Galih Dewangga, ketua umum UKM ASC, menjelaskan bahwa UKM ASC merupakan garda terdepan pembinaan Al-Qur’an serta memaparkan beberapa program kerja unggulan dari UKM ASC. “Di UKM ASC ada beberapa program unggulan yang berkaitan dengan pembinaan Al-Qur’an, diantaranya ialah, menyediakan layanan bimbingan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) yang ditujukan untuk mahasiswa, pelajar, dan masyarakat umum mulai dari dasar dengan dibantu Ustadz/Ustadzah yang berkompeten. Kami juga memberikan kesempatan bagi para pecinta Qur’an eksternal untuk belajar Al-Qur’an dengan nuansa yang menyenangkan yaitu dengan mengikuti Al-Qur’an Camp. Dalam kegiatan ini, peserta dididik selama dua minggu untuk menghafal minimal juz 30 atau lebih-lebih jika bisa menghafal 30 Juz”.

Pada kesempatan tersebut, program tutorial B2HQ juga mendapatkan kesempatan serupa untuk memaparkan hal-hal menarik sebagai daya tarik B2HQ, diantaranya adalah grand launching yang target sasarannya ialah mahasiswa baru Universiatas Siliwangi, kegiatan tersebut bertujuan untuk memperkenalkan Program Tutorial B2HQ kepada mahasiswa baru dengan harapan program tutorial ini bisa diikuti dengan baik sehingga sampailah pada target capaian yang telah ditentukan, yaitu “Mahasiswa Universitas Siliwangi Bisa Membaca Al-Qur’an”. Sama halnya dengan Program Tutorial B2HQ. Dalam rangka membumikan Al-Quran di Universitas Negeri Malang, UKM ASC juga diberi amanah untuk melaksanakan kegiatan BBQ atau bina Baca Qur’an yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiwa baru yang menempuh mata kuliah PAI.

Setelah sesi pemaparan grand desain selesai, baik dari UKM ASC maupun Program Tutorial B2HQ diberikan kesempatan untuk bertanya dan sharing seputar kinerja dalam organisasi masing-masing. “Kami sangat senang karena ada juga program di kampus lain yang peduli dengan bina baca Al-Qur’an, terutama untuk mahasiswa baru di kampus yang bukan Islam” jelas ketua umum UKM ASC dalam penutupnya. Dengan diadakannya studi banding antar universitas ini, diharapkan dapat menambah wawasan, pengalaman serta mempererat silaturahmi antara UKM ASC Universitas Negeri Malang dan Program Tutorial B2HQ Universitas Siliwangi.

Pewarta: Nanda Nafi’atul Khusna

Tinggalkan Komentar