Ayo Ikut Pembinaan

Pembinaan di UKM ASC merupakan sebuah wadah atau fasilitator dalam berbagai pembelajaran ke Al Quran-an di Universitas Negeri Malang. Adapun beberapa bidang yang dinaungi diantaranya adalah Tahsinul Qiro’ah, Tartilul Qur’an, Tilawatul Qur’an, Tahfidzul Qur’an, Fahmul Qur’an, Desain Aplikasi Al Quran, Kaligrafi, Karya Tulis Ilmiah Al Quran, dan Syarhil Qur’an. Adapun sasaran dalam pembinaan ini adalah mahasiswa UM yang telah mendaftarkan diri menjadi anggota UKM ASC dan anggota pembinaan. Adanya program ini, diharapkan mampu membentuk kompetensi atau skill mahasiswa UM dalam bidang ke Al-Qur’an-an. Berikut merupakan penjelasan dari setiap pembinaan yang ada dalam UKM ASC :

Bidang Tahsinil Qiroah

Bidang pembinaan ASC yang membina peserta untuk memperbaiki bacaan Al-Qur’an nya, yang sesuai dengan kaidah tajwid dan waqaf ibtida’ yang benar dan tepat dengan Qiro’at bacaan Imam Ashim riwayat Hafs.

Bidang Tartilil Qur’an

Bidang pembinaan ASC yang membina peserta untuk membaca Al-Qur’an dengan lantunan nagham Al-Qur’an martabat murattal yang sesuai dengan kaidah tajwid dan waqaf ibtida’ yang benar dan tepat dengan Qiro’at bacaan Imam Ashim riwayat Hafs.

Bidang Tilawatil Qur’an

Bidang pembinaan ASC yang membina peserta untuk membaca Al-Qur’an dengan lantunan nagham Al-Qur’an martabat mujawwad yang sesuai dengan kaidah tajwid dan waqaf ibtida’ yang benar dan tepat dengan Qiro’at bacaan Imam Ashim riwayat Hafs.

Bidang Tahfidhil Qur’an

Bidang pembinaan ASC yang memfasilitasi peserta untuk setoran hafalan Al-Qur’an dan juga memberikan motivasi serta kiat-kiat dalam menghafalkan Al-Qur’an.

Bidang Fahmil Qur’an

Bidang pembinaan ASC yang membina peserta untuk belajar tentang fiqih, Hadist, sejarah Islam, ilmu Al-Qur’an dan isi kandungannya, serta melatih peserta untuk belajar soal-soal yang terdapat dalam Musabaqah Fahmil Qur’an tingkat mahasiswa maupun umum.

Bidang Syarhil Qur’an

Bidang pembinaan ASC yang membina peserta dalam hal public speaking. Seperti bagaimana menjadi pensyarah yang baik, MC profesional, pembaca sari tilawah, serta melatih peserta untuk berpidato atau sambutan dalam event tertentu.

Bidang Khatthil Qur’an

Bidang pembinaan ASC yang membina peserta untuk menulis Al-Qur’an yang sesuai dengan kaidah kepenulisan(khat) Al-Qur’an.

Bidang Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an

Bidang pembinaan ASC yang membina peserta untuk menulis karya tulis ilmiah secara baik dan benar yang lebih menekankan hubungannya dalam perspektif Al-Qur’an.

Bidang Desain Aplikasi Al-Qur’an

Bidang pembinaan ASC yang membina peserta untuk menciptakan aplikasi berbasis Al-Qur’an yang bertujuan memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi saat ini.

Tinggalkan Komentar