Pelatihan Mentor II, Tingkatkan Kualitas dan Semangat Mentor TDI UM

 

Malang (8/3), – UKM ASC mengadakan kegiatan Pelatihan Mentor II untuk para mentor TDI semester genap. Pelatihan ini merupakan salah satu program kerja dari LSO TDI yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas mentor TDI semester genap tahun 2020. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Ahad, 08 Maret 2020 di Aula E3 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang.

Pelatihan mentor II merupakan program kerja lanjutan setelah pelatihan mentor I yang sebelumnya dilaksanakan pada bulan Februari tahun 2020. Kegiatan ini ditujukan salah satunya agar mentor TDI dapat termotivasi lagi dalam mengajarkan Al-Qur’an khususnya di Universitas Negeri Malang yang mana menjadi wujud rasa cinta terhadap Nabi Muhammad S.A.W. yang telah memberikan amanah terakhir berupa Al-Qur’an dan hadist. Hal ini diungkapkan dalam materi motivasi yang mana menceritakan bahwa begitu cinta nya Nabi Muhammad terhadap umat-Nya, hingga di nafas terakhir beliau yang diingat hanyalah umat-Nya.

“Pada hakikatnya yang diinginkan baginda Nabi hanyalah keselamatan umat-Nya, Oleh karena itu, jadikanlah mengajarkan Al-Qur’an ini sebagai wujud balas cinta kita terhadap Nabi Muhammad S.A.W. yang mana sampai kapan pun balasan ini tiada bandingnya dengan besarnya cinta beliau terhadap umat-Nya.” Pesan Ustadz Sultoni dalam materi motivasi.

 

 

Acara dilanjutkan dengan materi kedua yaitu Bina Ibadah, yang mana bertujuan untuk membantu mentor dalam menjawab permasalahan-permasalahan musykil yang muncul dari beberapa pertanyaan mahasiswa yang dmentoring. Selanjutnya, materi ketiga diisi dengan pengajaran At-Tartil yang menjelaskan tentang cara-cara mentoring dengan menggunakan buku At-Tartil yang mana dikhusukan untuk mentor yang mengajar mahasiswa dengan kelas C khusus. Acara ini juga digunakan LSO TDI untuk menambah semangat para mentor TDI. Hal ini dilampir di penghujung acara berupa evaluasi TDI yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang sering terjadi selama mentoring TDI dalam setengah semester ini, sehingga dalam setengah semester kedepan tidak ditemukan lagi permasalahan-permasalahan yang sama seperti sebelumnya.

Semoga apa yang kita ikhtiarkan dalam Pelatihan Mentor II ini menjadi amal ibadah kita semua dan apa yang kita harapkan, akan diwujudkan oleh Allah, aamiin.

“Sebaik-baik orang diantara kamu adalah orang yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya.”

pewarta: Mamin Nafiatul Jannah

Tinggalkan Komentar