Pelantikan dan Rapat Kerja Khudama’ Khodimul Qur’an UKM ASC 2022

Segala sesuatu dibatasi oleh ruang dan waktu, yang ketika tiba saatnya akan digantikan oleh yang baru. Begitu juga dengan roda kepengurusan UKM Al-Qur’an Study Club (ASC) Universitas Negeri Malang. Pada hari Ahad, 6 Februari 2022 telah dilaksanakan Pelantikan dan Rapat Kerja UKM ASC 2022 secara hybrid di Aula Masjid Al-Ikhlas Sukun, Kota Malang dan virtual melalui Zoom Meeting. Rapat Kerja merupakan kegiatan UKM ASC yang bertujuan merumuskan, menetapkan, dan mengesahkan program kerja khudama’ selama satu kepengurusan. Pelantikan dan Rapat Kerja ini dihadiri oleh ±100 peserta. Adapun peserta pelantikan adalah khudama’ UKM ASC periode tahun 2022, sedangkan peserta rapat kerja dihadiri oleh Sesepuh, Majelis Kehormatan (MK), Khudama’, dan Khudama’ Muda UKM ASC.

Pelantikan berjalan dengan khidmat meski tidak semua khudama’ bisa hadir secara langsung. Kegiatan offline dihadiri oleh pendamping UKM ASC, Pengurus Inti (PI), dan Kepala Departemen serta Sekretaris Departemen. Pelaksanaan Pelantikan dan Rapat Kerja Khudama’ UKM ASC periode tahun 2022 dimulai pada pukul 09.00 WIB dan berakhir pada pukul 22.00 WIB. Kegiatan diawali dengan pembukaan, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, sambutan dari ketua umum UKM ASC periode 2022 dan pendamping UKM ASC. Kemudian pelantikan khudama’ periode 2022 yang dipimpin langsung oleh pendamping UKM ASC yakni Ustadz Dr. Achmad Sulthoni, S.Ag., M.Pd.I. Setelah pelantikan usai, dilanjutkan dengan Rapat Kerja. Dalam rapat ini, masing-masing Kepala Departemen dan Sekretaris Departemen menyampaikan rancangan program kerja mereka untuk satu tahun kepengurusan. Berbagai Saran dari peserta sidang dilayangkan demi terlaksanannya kepengurusan yang lebih baik.

Khodimul Qur’an adalah nama kabinet kepengurusan UKM ASC periode tahun 2022, khodimul qur’an artinya adalah pelayannya al-qur’an. Sifatnya pelayan ada dua, yaitu manut dan ngeramut. Manut dalam bahasa indonesia adalah taat, semoga semua khudama tahun 2022 ini taat mematuhi aturan-aturan yang ada di dalam al-qur’an sedangkan ngeramut artinya adalah merawat, tidak pernah bosan dan tidak pernah menyerah untuk merawat al-qur’an agar tetap lestari di UKM kita tercinta, khususnya di Universitas Negeri Malang dan terlebih bisa di luar kampus” penjelasan dan harapan dari saudara Vicky Galih Dewangga dalam sambutannya sebagai Ketua Umum UKM ASC periode tahun 2022. Pendamping UKM ASC menyampaikan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar serta mengucapkan selamat kepada seluruh khudama’ “Semoga kalian semua diberikan  kesehatan, kebaikan serta keberkahan yang banyak karena berenan menjadi khodimul qur’an“.

Rangkaian acara ini diakhiri dengan pembacaan konsideran penetapan program kerja khudama’ kabinet Khodimul Qur’an dan dilanjutkan dengan pembacaan do’a secara bersama-sama. Berakhirnya rangkaian acara Pelantikan dan Rapat Kerja Khudama’ UKM ASC periode tahun 2022 merupakan tanda bahwa khudama’ khodimul qur’an telah siap untuk menjalankan amanah dengan baik serta ikhlas dalam mensyiarkan al-qur’an.

Pewarta: Nanda Nafiatul Husna

Tinggalkan Komentar