Muhasabah Akhir Tahun

GRUP123 – Tahun 2023 tinggal menghitung hari dan pasti aka nada banyak orang untuk merayakan akhir tahunnya dengan berbagai cara. Ada yang merayakan dengan berkumpul bersama keluarga dan bermain situs slot deposit dana, merayakan bersama orang terdekat dengan mengadakan pesta dan ada juga yang memilih mengisi akhir tahunnya dengan bermuhasabah. Muhasabah adalah memperhatikan dan merenungkan hal-hal baik dan buruk yang telah dilakukan. Termasuk memperhatikan niat dan tujuan suatu perbuatan yang telah dilakukan, serta menghitung untung rugi suatu perbuatan. Tahun baru dapat dijadikan muhasabah untuk evaluasi diri terhadap kebaikan dan keburukan dalam segala aspek, seperti memperbaharui taubat kita, mengoreksi diri masing-masing, seberapa banyak kesalahan yang telah diperbuat, seberapa besar perbuatan zalim kepada diri sendiri.

Segala bentuk kesalahan yang telah diperbuat pastilah diri sendiri yang lebih mengetahuinya. Dan segala macam kesalahan yang telah diperbuat tidak akan bisa ditutupi karena manusia itu sendiri yang akan menjadi saksi atas perbuatannya. Allah berfirman dalam Q.S. Al-Qiyamah ayat 14 dan 15:

بَلِ الْإِنْسَانُ عَلَىٰ نَفْسِهِ بَصِيرَة

وَلَوْ أَلْقَىٰ مَعَاذِيرَه

Artinya” bahkan manusia itu menjadi saksi atas dirinya sendiri. Meskipun dia mengemukakan alasan-alasannya”

Sobat Qur’ani, pada dasarnya manusia itu diperintahkan untuk terus bermuhasabah. Sebab barangsiapa yang menghitung sendiri amal perbuatannya di dunia, maka perhitungan amalnya akan mudah di akhirat. Dan manusia yang bertaqwa adalah mereka yang beramal untuk masa depan yang abadi, yaitu kebahagiaan di akhirat yang disertai ridha dari Allah SWT. Oleh sebab itu, jadikan akhir tahun ini sebagai momen untuk mengoreksi segala aktivitas, baik yang bersifat duniawi maupun akhirat.

Kritik dan saran saat bermain slot88 disini

Departemen Syiar

Tinggalkan Komentar