MSQ Online se-Indonesia Sukses Digelar!

Malang. Pembinaan Syarhil Qur’an, Unit Kegiatan Mahasiswa Al-Qur’an Study Club (UKM ASC) menyelenggarakan Musabaqah Syarhil Qur’an (MSQ) Online se-Indonesia. Pendaftaran MSQ ini dibuka sejak tanggal 15 April hingga 10 Mei 2020. Jika biasanya MSQ diadakan secara beregu, kali ini peserta diadakan secara individu mengingat kondisi yang tidak mengizinkan untuk mengadakan perkumpulan. Sehingga, masing-masing peserta diminta untuk mengirimkan videonya kepada panitia sampai batas waktu yang ditentukan. Selanjutnya, video-video tersebut diunggah pada channel youtube Al-Qur’an Study Club pada rabu, 13 Mei 2020. Oleh karena sistem penilaian secara individu, maka MSQ ini memiliki tiga cabang yang dilombakan, yakni Pensyarah, Sari Tilawah, dan Tilawah.

Tujuan diselenggarakannya musabaqoh ini tak lain adalah untuk Mencetak generasi qurani yang mempuni dalam bidang Syarhil Qur’an, guna mensyiarkan Al-Qur’an dan agama Islam. Diselenggarakannya kegiatan ini dimaksudkan sebagai bentuk evaluasi bagi para peserta Pembinaan Syarhil Qur’an, dengan cara dakwah virtual ditengah pandemi yang terjadi. Selain kita mengevaluasi kemampuan kita, kita juga turut menaati aturan pemerintah untuk tetap di rumah saja dan diisi dengan hal-hal yg bermanfaat. Pengumuman hasil juara dilaksanakan via Live di akun Instagram Syarhil UKM ASC pada 17 Mei 2020. Pengumuman dilaksanakan oleh Kepala Bidang Pembinaan Syarhil yakni Muhammad Syaiful Bahri. Dalam sambutannya, Ia mengatakan bahwa Ia dan seluruh panitia bersyukur atas terlaksananya kegiatan ini.


“Alhamdulilah, kami ucapkan terima kasih atas partisipasi para pejuang Qur’ani semuanya dari seluruh Indonesia. Berbicara mengenai event ini sejatinya adalah kegiatan akhir dari pembinaan kami, guna mengevaluasi peserta pembinaan Syarhil ASC UM agar terus berprogres dengan baik. Namun kali ini, kami melakukan hal baru yakni menambah lomba eksternal yang mana kami mewadahi para pecinta Syarhil Qur’an agar bisa mengukur kemampuan individu dengan peserta dari seluruh Indonesia. Alhamdulillah, antusias dan semangat para Pejuang Qur’ani semua sangat luar biasa,” ujarnya.

Penghargaan yang diberikan tidak hanya Juara I, II, dan III untuk masing-masing cabang, tetapi juga Juara Peserta Terfavorit yang mana mereka dipilih melalui jumlah like dalam video peserta yang diunggah di akun Youtube Al-Qur’an Study Club. Berikut daftar Juara untuk masing-masing cabang:

  1. Cabang Pensyarah

Juara I : Nur Wulandari Sunawir dari LPTQ Kota Pekanbaru

Juara II : Intania Maya Islami dari Ponpes Islamic Center Al Hidayah Kampar

Juara III : Emil Naila dari Banyuwangi, Jawa Timur

  1. Cabang Sari Tilawah

Juara I : Thalita Syahda Raniah dari SMA Terpadu Al-Ishlah

Juara II : Siti Nurmaya dari Kalimantan Tengah

Juara III : Selvia Hasibuan dari Surabaya

  1. Cabang Tilawah

Juara I : Muhammad Bashori dari MA Al Ittihad Poncokusumo Malang

Juara II : Meutya Zein Ummul Khafidza dari SMAN 1 Sooko

Juara III : Yusuf Ardiansyah dari UNISMA

  1. Juara Peserta Terfavorit : Ulul Amri dari MAN 1 Kota Dumai

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para remaja milenial untuk mensyiarkan Al-Qur’an khususnya pada bidang Syarhil Qur’an dan sangat tepat untuk mengisi waktu luang saat pandemi seperti ini. Semoga kedepan nya kegiatan ini dapat berlanjut untuk melahirkan generasi generasi Islam yang Qur’ani,” kesan Zyan Anggara Ulfia, salah satu peserta yang berpatisipasi dalam MSQ Online ini.

Pewarta           : Nabilah Azfa Fauziyyah – Khudama Muda Pembinaan Syarhil Qur’an

Tinggalkan Komentar