Miftah Maulana Habiburrahman (Gus Miftah)

Gus Miftah memiliki nama lengkap Miftah Maulana Habiburrahman. Gus Miftah lahir di Lampung pada tanggal 5 Agustus 1981 di Desa Adiluhur, Jabung, Lampung Timur.  Beliau merupakan keturunan ke-9 Kyai Ageng Hasan Besari yang merupakan pendiri Pondok Pesantren Tegalsari di Ponorogo.

Gus Miftah pada usianya yang masih muda pernah menuntut ilmu di Pondok Pesantren Bustanul Ulum yang berada di Jayasakti, Lampung Tengah. Setelah lulus dari Madrasah dengan meraih nilai tertinggi sebagai santri Madrasah se-Provinsi Lampung, Gus Miftah pergi ke Daerah Istimewa Yogyakarta untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang perkuliahan sebagai mahasiswa di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Gus Miftah menempuh Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta pada tahun 1999. Beberapa tahun setelah menyelesaikan pendidikan di Daerah Istimewa Yogyakarta, Gus Miftah menikah dengan Hj. Dwi Astuti Ningsih dan dikaruniai dua orang anak. Pada tahun 2011, Gus Miftah mendirikan Pondok Pesantren Ora Aji yang memiliki filosofi tidak ada seorang pun yang berarti di mata Allah Swt. selain ketakwaannya.

Gus Miftah dikenal sebagai pribadi yang fleksibel karena beliau merupakan orang yang mudah bergaul dengan orang yang berbeda profesi, sehingga beliau mudah diterima oleh banyak kalangan. Pada awal munculnya Gus Miftah, banyak sekali pendapat yang menjatuhkan Gus Miftah yang mengatakan bahwa Gus Miftah tidak pantas berdakwah di dunia remang-remang diskotik karena banyak kalangan pendosa. Tapi kenyataannya orang yang berada dalam diskotik berpendapat kepada media yang mengkritik Gus Miftah bahwa mereka juga butuh pencerahan, sehingga hal tersebut merupakan bukti bahwa dakwah Gus Miftah dapat diterima karena beliau sangat fleksibel atau mudah bergaul dengan berbagai kalangan ketika berdakwah.

Gus Miftah merupakan Da’i yang sangat berpengaruh dalam dakwahnya mengantarkan ajaran agama Islam ke berbagai kalangan. Metode dakwah yang biasa digunakan oleh Gus Miftah menggunakan konsep perkembangan zaman sehingga dapat disesuaikan dengan bentuk nasionalisme, sosial, budaya, dan perkembangan teknologi.

Perjalanan dakwah Gus Miftah dimulai pada saat menempuh pendidikan di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Gus Miftah dikenal sebagai ulama yang fokus berdakwah di kalangan kaum Marjinal. Tak heran jika Gus Miftah banyak mendapatkan komentar dari publik karena bentuk dakwahnya yang berbeda dengan para ulama yang lain sehingga Gus Miftah memiliki keunikan tersendiri dalam dakwahnya. Setelah 5 tahun berlalu, metode dakwah yang dilakukan oleh Gus Miftah diakui oleh Maulana Habib Luthfi karena dibuktikan dengan opini orang yang ada di pesta malam bahwa mereka membutuhkan ajaran agama melalui dakwah khususnya yang dilakukan oleh Gus Miftah Maulana Habiburrahman.

Referensi:

Laduni. “Biografi Gus Miftah.” https://umma.id/post/biografi-gus-miftah-1021920?lang=id. Diakses pada Rabu, 9 Maret 2022.

Budi, “Biografi Gus Miftah.” https://www.laduni.id/post/read/67418/biografi-gus-miftah. Diakses Pada Rabu, 9 Maret 2022.

Kritik dan saran terkait Mading ASC dapat ditulis Disini

Departemen Syiar

Tinggalkan Komentar