Meskipun #DIRUMAHAJA, Harus Tetap Produktif Dan Jangan Lupa Berdoa!

Di tengah wabah covid-19 ini mengharuskan kita untuk stay at home, dan social distancing untuk menekan dan memutus rantai penyebaran virus ini. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah ialah menghimbau masyarakat untuk kerja dari rumah, belajar dari rumah, dan ibadah di rumah. Tak memungkiri bahwa kita memiliki lebih banyak waktu luang di rumah. Ya meskipun tetap melakukan aktivitas sehari-hari seperti kuliah online, ngerjain tugas, bekerja dll.

Nah ketika melakukan aktivitas-aktivitas ini kita juga tidak luput dari rasa malas yang melanda. Rasa malasnya bisa bermacam-macam, mulai dari malas bekerja, malas belajar, malas bersih-bersih, hingga malas beribadah. Rasa malas merupakan salah satu godaan setan pada manusia. Terkadang ketika kita memiliki banyak waktu luang kita justru tidak memanfaatkan untuk melakukan ketaatan pada Allah swt, namun ketika tidak memiliki waktu luang kita malah mengeluh dan tidak bersyukur.

Seringkali rasa malas ini menghambat kegiatan keseharian kita, apalagi jika rasa malas itu muncul tiba-tiba disaat yang tidak tepat, alhasil banyak pekerjaan yang ditunda dan terbengkalai. Sifat malas merupakan sifat yang buruk, dan agama Islam sangat menentangnya dan menganjurkan pada kita untuk menghindarinya.

Lalu adakah amalan yang bisa kita lakukan untuk menghindari rasa malas itu? HR. Al-Bukhari no.6363, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam banyak memanjatkan do’a ini

اَللَّهُمَّ إِنِّـيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَـمِّ، وَالْحَزَنِ، وَالْعَجْزِ، وَالْكَسَلِ، وَالْبُخْلِ، وَالْـجُبْنِ، وَضَلَعِ الدَّيْنِ، وَغَلَبَةِ الرِّجَالِ

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari (hal yang) menyusahkan dan menyedihkan, lemah dan malas, bakhil dan penakut, lilitan hutang dan penindasan orang.” (HR. Al-Bukhari)

InsyaAllah jika kita mengamalkan amalan ini setiap hari kita bisa terhindar dari sifat malas. Tidak hanya itu doa ini juga berisi permintaan agar kita diberi keselamatan terhindar dari sifat-sifat jelek yang disebutkan di dalamnya, yaitu sifat malas dalam ibadah dan kelemahan, serta pengecut, meminta perlindungan dari Allah agar tidak dizalimi dan dijauhkan dari utang yang berat. Semoga kita selalu dilindungi Allah subhanahu wata’ala dari segala hal yang menyebabkan malas melakukan ketaatan.

Departemen Syiar UKM ASC

One Reply to “Meskipun #DIRUMAHAJA, Harus Tetap Produktif Dan Jangan Lupa Berdoa!”

Tinggalkan Komentar