Memperbanyak Membaca Al-Qur’an

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Hallo sahabat semuanya, sudah tidak terasa ya kita sudah memasuki bulan suci Ramadhan. Bulan Ramadhan ini adalah salah satu bulan yang mulia, yang sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim di dunia. Mengapa demikian?. Bulan ini adalah bulan yang penuh dengan keberkahan, bulan di mana setiap perbuatan ibadah yang kita lakukan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Dalam bulan ini juga banyak umat muslim berlomba-lomba dalam memperbanyak membaca Al-Qur’an. Demikian itu dilakukan karena umat muslim mengerti bahwa bulan Ramadhan adalah bulan yang istimewa untuk melaksanakan ibadah sebanyak-banyaknya, terlebih untuk membaca Al-Qur’an yang diturunkan pertama kalinya pada bulan suci Ramadhan.

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ

“Bulan Ramadhan, yaitu bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang hak dan yang batil).” (Q.S. al-Baqarah: 185).

Membaca Al-Qur’an di bulan yang penuh berkah ini memilki keistimewaan tersendiri dibanding dengan bulan-bulan lainnya. Di mana pada bulan Ramadhan ini dikenal dengan bulan Al-Qur’an, seperti yang disampaikan sebelumnya bahwa yang menjadikannya mulia adalah karena malam turunnya Al-Qur’an terjadi pada bulan ini.

Selain itu, membaca Al-Qur’an juga salah satu amalan saleh yang bisa memberikan kita syafa’at di hari kiamat. Rasululah SAW menyebutkan bahwa puasa dan Al-Qur’an bisa memberikan syafa’at bagi siapa saja yang melaksanakannya. Jika kita sudah berpuasa di bulan Ramadhan ini, maka apabila dilengkapi dengan memperbanyak membaca Al-Qur’an dalam puasanya, itu akan menjadikannya jauh lebih sempurna. Sejalan dengan sabda Rasulullah SAW :

“Al-Qur’ān dan puasa akan memberikan syafa‘at (pertolongan) kepada seorang hamba pada hari kiamat. Puasa berkata kepada Allah: Wahai Tuhanku aku cegah dirinya dari makanan dan syahwat pada siang hari, maka berikanlah izin untukku untuk memberikan syafa‘at untuknya. Dan Al-Qur’ān berkata: Dan aku mencegahnya dari tidur di malam hari, maka berikanlah izin kepadaku untuk memberikan syafa‘at untuknya. Maka mereka berdua diperkenankan memberikan syafa‘at.” (HR. Imām Aḥmad)

Dijelaskan juga bahwa dengan kita membaca Al-Qur’an banyak sekali keutamaan keutamaan yang bisa kita dapatkan dari dalamnya.

حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ أَلِفٌ وَلَكِنْ حرْفٌ الم أَقُولُ لاَ أَمْثَالِهَا بِعَشْرِ وَالْحَسَنَةُ حَسَنَةٌ بِهِ فَلَهُ اللَّهِ كِتَابِ مِنْ حَرْفًا قَرَأَ مَن

“Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan “alif lam mim” satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi).

Untuk itu sahabat semuanya, dengan adanya keistimewaan keistimewaan yang ada ketika membaca Al-Qur’an di bulan Ramadhan ini. Marilah kita sama-sama memperbanyak untuk membacanya. Apalagi ditengah keadaan kita semua yang seperti sekarang ini, dimana kegiatan kegiatan kita banyak dibatasi. Maka dari itu kita bisa memanfaatkan waktu kita selama di rumah dan mengganti kegiatan kegiatan yang ada dengan memperbanyak membaca Al-Qur’an. Bahkan lebih baik lagi jika kita bisa mengkhatamkan dan dan menghapalnya. Semoga dengan begitu kita bisa menyempurnakan puasa kita di bulan Ramadhan kali ini. Aamiin.

Departemen Syiar UKM ASC

One Reply to “Memperbanyak Membaca Al-Qur’an”

Tinggalkan Komentar