Memahami Makna: “Mencetak Generasi Rabbani Berjiwa Qur’ani“

Mencetak Generasi Rabbani Berjiwa Qur’ani telah tertulis jelas dan termaktub dalam AD/ART (Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga) UKM Al-Qur’an Study Club universitas Negeri Malang.
Lalu pertanyaannya “Apakah kita sudah benar-benar memahami apa arti dari Generasi Rabbani Berijiwa Qur’ani?
Atau jangan-jangan kita hanya menjadikan kata-kata tersebut menjadi sebuah tulisan yang tertuis di AD/ART saja?
Nah untuk menghindari hal itu kita harus benar-benar memahami apa yang dimaksud dengan “Mencetak Generasi Rabbani Berjiwa Qur’ani.
Jika dikaji secara bahasa pertanyaan yang muncul adalah dari kata Rabbani dan Qur’ani. Hal ini dikarenakan kata-kata lainnya sudah sangat familiar dan mudah dipahami. Kata Rabbani dalam KBBI bermakna “yang berkenaan dengan Tuhan; bersifat ketuhanan”. Sedangkan Qur’ani dari berbagai sumber bisa didefinisikan sebagai kata yang bermakna “memiliki sifat atau ketersagkut pautan dengan Al-Qur’an.”
Benang merah yang muncul dari pengertian bahasa ini akan mengarah pada makna bahwa UKM ASC memiliki fondasi dan arah tuju untuk mencetak generasi-generasi yang memiliki tujuan ketuhanan (Allah) dalam setiap aktivitas yang dilakukan dengan berlandaskan Al-Qur’an baik secara pegangan, fondasi, ataupun secara amaliah yang dilakukan.
Definisi ini mungkin merupakan penafsiran singkat dari sudut lugowi atau bahasa. Pengertian secara kongkrit tentunta memerlukan perbincangan khusus dan pembukuan untuk mengukuhkan secara pasti makna dari “Mencetak Generasi Rabbani Berjiwa Qur’ani”.
Perincian dan pemaknaan dari visi ini sebenarnya juga bisa dilihat dari misi yang diemban. Misi UKM ASC sendi terdiri dari 4 poin, yaitu:

  1. Mewujudkan lembaga professional dalam pengajaran al-qur’an berbasis mahasiswa.
  2. Menjadi lembaga yang mewadahi dan memfasilitasi bakat dan minat mahasiswa dalam hal keal-qur’anan.
  3. Menjadi perekat umat yang berdiri diatas dan untuk semua golongan.
  4. Menjalin kerjasama dengan organisasi lain dalam rangka memperluas jaringan dan memaksimalkan program kerja.

Oleh : Zayn Ismail

One Reply to “Memahami Makna: “Mencetak Generasi Rabbani Berjiwa Qur’ani“”

Tinggalkan Komentar