Masih Mau Putus Asa?

Konsep motivasi yang terkandung dalam QS. Yusuf ayat 87 adalah suatu faktor pendorong yang timbul pada individu ketika mengalami putus asa dengan berpegang pada keimanan kepada Allah SWT guna membangun sikap optimis, lapang dada dalam menghadapi ujian, dan kesungguhan dalam mencari solusi atas permasalahan yang dihadapi individu yaitu mampu mengambil hikmah atau pelajaran dari masalah tersebut sehingga mampu menerima apa yang telah Allah SWT gariskan dalam hidupnya. Untuk memperoleh pertolongan dan Rahmat Allah, kita harus senantiasa bergerak dan berusaha bukan hanya dengan duduk berdiam diri di rumah dan menunggu turunnya Rahmat Illahi. Nabi Yakub berkata kepada putra-putranya, “untuk menemukan Yusuf kalian harus bergerak dan jangan sekali-kali berputus asa dari Rahmat Allah”. Allah selalu mendorong manusia untuk tetap berharap kepada Rahmat dan pertolongan-Nya, sedangkan mereka yang membuat orang lain berputus asa dan orang yang berputus asa itu sendiri adalah orang yang jauh dari agama.

Dalam rangka meraih cita-cita ataupun impian tidak selamanya berjalan sesuai dengan apa yang telah kita rencanakan, terkadang kita bisa mengalami hambatan, maka dari itu seringkali individu atau manusia menjadi putus asa dari pertolongan Allah, serta mengakibatkan lemahnya iman. Maka dari itu keimanan seseorang harus ditingkatkan dengan cara,

  1. Sebagai umat Islam harus memiliki pondasi keyakinan yang kokoh kepada Allah SWT agar terhindar dari putus asa dan lemahnya jiwa.
  2. Selalu berpegang teguh pada pertolongan Allah, karena dengan berpegang teguh kepada-Nya manusia akan senantiasa merasa aman dan tentunya tidak akan pernah berputus asa dari Rahmat-Nya.
  3. Jangan pernah putus asa dan merasa lemah dalam menghadapi ujian ataupun cobaan yang diberikan oleh Allah SWT, ketika kita ingin meraih sebuah impian atau cita-cita yakinlah bahwa kita punya Allah yang memiliki segalanya dan kita tidak pernah tahu seberapa dekat kita dengan kesuksesan.
  4. Konsep motivasi yang terkandung dalam QS. Yusuf ayat 87 mengajarkan manusia dalam menjalani kehidupan penuh dengan rasa optimis dan percaya diri dalam menghadapi ujian dan cobaan khususnya ketika berputus asa.

Departemen Syiar UKM ASC

Tinggalkan Komentar