Mager di Kala Pandemi? NO! Berprestasi? YES!

Malang, 4 Juli 2021. Salah satu anggota pembinaan KTIA ASC Universitas Negeri Malang kembali menorehkan prestasi. Tak tanggung-tanggung, dikala pandemi yang mengglobal seperti ini, mahasiswi yang sering disapa dengan nama Muti dengan semangatnya menjadi produktif dan mengukir prestasi di kancah internasional. Samudra Mutiara Hasanah telah memenangkan Gold Medal dari perlombaan bergengsi yaitu International Competition for Young Moslem Scientist (IICYMS) yang diselenggarakan oleh Indonesian Young Scientist Association (IYSA) di Indonesia.

Adapun teknis dari perlombaan ini dilakukan melalui aplikasi Zoom Meeting. “Masing-masing tim mempresentasikan hasil karya tulis nya dan mendemonstrasikan produknya melalui zoom meeting. Setelah itu ada 3 dewan juri yang bertanya dengan bahasa inggris. Kita pun juga dilatih untuk menjawab dengan bahasa inggris.” Terang pemudi asal Kediri ini. Tak luput dari itu, persiapan yang dilakukan oleh Muti juga cukup panjang. Persyaratan untuk mengikuti lomba ini ternyata lumayan banyak, diantaranya adalah menulis extended abstract yang berisi keseluruhan dari hasil karya tulis meliputi pendahuluan, metodologi, pembahasan, dan kesimpulan. Selain menulis extended abstract, peserta juga diminta untuk mengumpulkan video yang berdurasi 5-6 menit. Dan ketika presentasi pun juga perlu mempersiapkan PPT dan mendemonstrasikan produk yang telah jadi kepada dewan juri.

Mahasiswi asal kediri yang berumur 20 tahun ini telah menggeluti bidang Karya Tulis Ilmiah sejak masuk di Universitas Negeri Malang dan mengikuti pembinaan KTIA yang dinaungi oleh UKM Al-Qur’an Study Club. Berbekal restu orang tua dan ikhtiar yang besar mengikuti berbagai perlombaan sejak dahulu. Ini merupakan kali kedua pemudi ini mengikuti perlombaan di tingkat internasional dan mampu mengalahkan 201 tim dari berbagai negara.

Pewarta: Eka Yulia Ayu

Tinggalkan Komentar