LPQMO-TM 2022 UKM ASC

Organisasi merupakan wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi serta kapasitas dirinya sebagai mahasiswa berupa aspirasi, inisiasi, atau gagasan-gagasan positif dan kreatif melalui peran serta dalam berbagai kegiatan yang relevan. Untuk meningkatkan potensi para mahasiswa Universitas Negeri Malang yang berminat pada bidang ke-al-Qur’an-an, maka UKM ASC menyelenggarakan kegiatan Latihan Pendidikan Qur’an dan Manajemen Organisasi Tingkat Menengah (LPQMO-TM) 2022 dengan tema “Membangun Semangat Berkhidmah, Wujudkan Generasi Berakhlakul Karimah”. Kegiatan yang telah terselenggara pada Ahad, 25 September 2022 di Gedung D4 Ruang 103-104 FIP diikuti oleh 75 peserta yang berasal dari seluruh anggota UKM ASC yang telah mengikuti Ta’aruf Qur’ani (TAQUR) XII dan IX sebagai syarat untuk nantinya menjadi Khudama’ UKM ASC. Kegiatan ini bertujuan untuk memperdalam pengetahuan mengenai akhlak al-Qur’an dalam diri Rasulullah dan berhubungannya dengan manusia, selain itu untuk meningkatkan ketulusan dan keikhlasan untuk semangat berkhidmah dalam menyiarkan al-Qur’an dan UKM ASC.

Kegiatan LPQMO-TM 2022 berlangsung secara khidmat namun santai, ditambah antusiasme peserta yang tinggi pada saat acara dimulai. Acara diawali dengan khataman dihari sebelumnya, pada saat hari H peserta melakukan registrasi dilanjutkan dengan doa khotmil qur’an yang dipimpin oleh ketua UKM ASC, selanjutnya dibuka oleh MC dan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci al-Qur’an dan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta Mars UM. Acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dan secara resmi dibuka oleh Ustadz Sultoni. Masuk pada acara inti yaitu penyampaian materi.  Setelah dibekali materi “Semangat Mencintai dan Mensyiarkan Al-Qur’an” dilakukan sesi Forum Group Discussion (FGD), setiap kelompok akan mempresentasikan hasil dari FGD yang telah dilakukan. Setelahnya memasuki waktu ISHOMA, dilanjutkan dengan penyampaian materi kedua yaitu Life Mapping untuk selanjutnya dipresentasikan. Acara berikutnya adalah kuis dan testimoni peserta untuk mengetahui apa yang diperoleh peserta selama mengikuti acara ini. Dilanjutkan dengan ice breaking dan pengumuman peserta terbaik, acara terakhir adalah penutup serta doa.

Dalam pelaksanaannya, ketika penyampaian materi kedua dengan pembicara Ustadzah Muslihati, beliau berpesan “Semoga kepengurusan ASC berikutnya semakin jelas visi misinya dalam upaya mensyiarkan al-Qur’an dalam kehidupan bermasyarakat utamanya dalam dunia kampus dimana sudah banyak sekali degradasi yang terjadi, diharapkan UKM ASC menjadi penerang diantara gelapnya kehidupan sekarang yang dituangkan dalam program-program yang akan dijalankan”.

Pewarta: Tsalis Jauza Nareswari

Tinggalkan Komentar