LPQMO-TM 2021

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Dimana pada bulan tersebut, rahmat dan ampunan melimpah ruah. Di bulan Ramadhan ini banyak agenda spesial yang dilaksanakan. Salah satu kegiatan yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Al-Qur’an Study Club (ASC) adalah Latihan Pendidikan Al-Qur’an dan Manajemen Organisasi Tingkat Menengah (LPQMO-TM) yaitu kegiatan lanjutan dari Ta’aruf Qur’ani (TAQUR) atau diklat kedua anggota UKM ASC yang lebih berfokus pada pendidikan ke-Al-Qur’an-an dan manajemen organisasi. Acara ini ditujukan untuk mengembangkan skill kepemimpinan pengurus dan/atau anggota UKM ASC dalam berorganisasi, dan mendekatkan generasi penerus UKM ASC dengan Al-Qur’an sehingga akhlak Al-Qur’an dapat melekat pada kepribadian diri, mampu mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, serta siap berkhidmah pada organisasi, khususnya di UKM ASC.

Kegiatan LPQMO-TM ini dilaksanakan pada hari Jum’at sampai Ahad (30 April 2021–2 Mei 2021) dengan jumlah peserta 133 mahasiswa Universitas Negeri Malang yang sudah mengikuti TAQUR VI-VIII. Acara tersebut dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom Meeting. Peserta yang mengikuti kegiatan ini berasal dari ketiga kampus Universitas Negeri Malang, yakni kampus pusat, PP2, dan PP3 Blitar

Materi yang diberikan dalam acara ini diantaranya, Manajemen Organisasi dan Life Mapping, Ulumul Qur’an dari sisi akidah dan akhlaq serta menelisik jiwa kepemimpinan Rasulullah yakni, “Implementasi Akhlak Al-Qur’an dalam Berorganisasi”. Peserta diajarkan bagaimana gaya kepemimpinan Rasulullah dalam berorganisasi dengan berlandasakan Al-Qur’an. Semua materi berhasil dikemas secara menarik dengan adanya Quiziz disetiap selesai penyampaian materi sehingga membangkitkan semangat dan antusias para peserta dalam acara tersebut. Tidak kalah menarik juga, diacara tersebut terdapat sesi yang berbeda dari acara-acara sebelumnya yaitu kuis dan diskusi terbuka tentang materi tajwid, fiqh, akidah dan ke-ASC-an. Pada sesi tersebut mendorong peserta untuk lebih aktif sehingga peserta tidak merasa bosan untuk mengikuti rangkaian acara ini meskipun diselenggarakan secara virtual.

Amang darmawan selaku wakil ketua umum UKM ASC menyatakan kesan pesannya bahwa kegiatan ini sangat bagus terutama dengan adanya Quizziz yang mana dapat membangkitkan semangat peserta. Dengan adanya LPQMO-TM ini, diharapkan peserta mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan sesuai sebagai bekal dalam menjalankan tugas sebagai khudama’ muda yang akan menjadi bibit regenerasi estafet kepemimpinan UKM ASC.

Pewarta: Wasiatur Rizqiyah

Tinggalkan Komentar