LKMO UKM ASC 2021

Malang. Pada awal kepengurusan tahun 2021 ini, UKM ASC kembali lagi mengadakan sebuah event yang dikhusukan untuk para Khudama’ UKM ASC 2021. Event tersebut adalah Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi (LKMO) tahun 2021 dengan tema “Membentuk Insan Hubbul Qur’an Berintelektual untuk Melahirkan Pemimpin yang Berjiwa Qur’ani”. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari berturut-turut pada hari Sabtu dan Ahad tanggal 6-7 Maret 2021 secara online melalui Zoom Meeting. Peserta dari kegiatan ini adalah seluruh Khudama’ UKM ASC Kabinet Hubbul Qur’an yang berjumlah 80 orang. Tujuan diadakannya kegiatan LKMO ini untuk mewujudkan generasi muda yang mempunyai jiwa kepemimpinan profesional dan kemampuan manajemen organisasi yang baik serta berjiwa Qur’ani.

Kegiatan LKMO ini dihadiri oleh seluruh Khudama’ UKM ASC 2021. Pada hari pertama diawali dengan khataman dan pembukaan, lalu dilanjutkan dengan pemberian materi mengenai Manajemen Organisasi yang disampaikan oleh Ustadz Malthufullah Muyasir, S.E.  dan materi Kepemimpinan yang disampaikan oleh Ustadz Alifudin Ikhsan, S.Pd., M.Pd.  Setelah menerima materi, Khudama’ dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melaksanakan Focus Group Discussion. Dalam diskusi tersebut, masing-masing kelompok divisi dibimbing oleh satu tutor untuk mendiskusikan tugas dan pemecahan masalah terkait dengan divisinya. Kegiatan LKMO hari pertama ditutup pada pukul 14.30 WIB, dan dilanjutkan pada keesokan harinya.

Pada hari kedua ini, setiap group discussion yang dibentuk di hari pertama diharuskan untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok divisi yang dilanjutkan dengan pemberian tanggapan dari kelompok lain dan juga dari Majelis Kehormatan berupa pertanyaan atau saran serta masukan. Kemudian, untuk membuat acara semakin meriah dan tidak membosankan diadakan permainan yang dipandu oleh Komunitas LED Indonesia. Dengan diadakan permainan ini peserta menjadi lebih bersemangat dan antusias untuk melanjutkan agenda selanjutnya. Setelah melakukan permainan, kemudian dilanjutkan oleh pemberian materi ketiga atau materi yang terkhir yaitu Materi Manajemen Hati yang disampaikan oleh Ustadzah Dr. Muslihati, S.Ag., M.Pd. Kegiatan hari kedua ini ditutup sekitar pukul 15.30 WIB, sekaligus dilakukan penutupan LKMO tahun 2021.

Pewarta: Deva Etna Meliana

Tinggalkan Komentar