Tingkatkan Kinerja Kepengurusan, UKM ASC Adakan Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi Untuk Seluruh Khudama’ 2019

Malang – Sebagai upaya peningkatan kinerja khudama’, UKM ASC Universitas Negeri Malang adakan Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi (LKMO) yang bertempat di Aula AVA E6. Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (16/2). Dengan mengusung tema “Membentuk Karakter Pemimpin Inovatif dan Kontributif yang Berjiwa Qur’ani, LKMO ini ditujukan khusus untuk Khudama’ ASC agar dapat mempersiapkan diri dan mendapatkan bekal yang cukup untuk menjalankan amanah selama satu periode kedepan. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari berturut-turut mulai dari Sabtu sampai Minggu, 16-17 Februari 2019. Peserta yang berpartisipasi dalam acara ini tidak hanya khudama’ dari kampus pusat saja, tetapi juga khudama dari PP2 dan PP3 yang mampu meluangkan waktu untuk tidak ingin ketinggalan keseruan bersama seluruh keluarga besar UKM ASC Universitas Negeri Malang.

Di awal acara, Ketua UKM ASC, Moh. Nursalim menyampaikan pesan dalam sambutannya “dari sini semoga permasalahan mengenai manajemen organisasi dan juga bahkan masalah-masalah dalam kepribadian kita dapat teratasi dan menjadi lebih baik lagi”. Sesuai dengan tujuannya, peserta diberikan beberapa materi terkait organisasi. Materi yang diberikan dikemas dengan penyampaian oleh pemateri dan juga latihan ataupun praktik pemecahan masalah secara langsung. Adapun materi yang diberikan diantaranya yaitu Manajemen Hati, Lobbying, Networking dan Publik Speaking, Manajemen Organisasi, Kepemimpinan, Administrasi dan Keuangan. Salah satu materi yang disampaikan yakni ‘Rumus AJIB’ yang disampaikan oleh alumni UKM ASC, Alifuddin Ikhsan yang menjadi salah satu pemateri saat itu. Rumus AJIB tersebut yakni Atur waktu dengan baik, Jangan menunda pekerjaan, dan Inovasi berkelanjutan. Tidak hanya itu, ada pula permainan lapangan atau yang biasa kita sebut outbond. Tidak sekedar bermain biasa, tetapi dalam outbond ini kita juga dilatih mengenai strategi dan manajemen tim.

Banyak sekali manfaat dan pengalaman yang diperoleh Khudama’ selama dua hari ini, diantaranya seperti yang diungkapkan oleh Aqim Amral, salah satu khudama’ yang juga berperan sekaligus sebagai panitia yang menyampaikan bahwa “kesan saya sebagai panita sekaligus peserta disini adalah sangat luar biasa, memang capek menjalani dua posisi yang berbeda, apalagi dengan waktu persiapan yang singkat, tapi disinilah saya bisa mendapatkan pengalaman yang sangat berharga, saya sangat senang menjadi bagian dari keluarga besar UKM ASC” saat ditemui waktu itu. Tidak ketinggalan pula, Ketua Pelaksana, Ahmat Fanani Hidayatulloh yang juga berharap agar acara ini dapat menjadi tonggak semangat awal teman-teman khudama’ dalam memegang tongkat estafet kepengurusan satu periode kedepan. (Rintan Varadilla)

Link Dokumentasi LKMO UKM ASC 2019

Tinggalkan Komentar