Kufi Murabba’

Malang – Baru-baru ini UIN Maulana Malik Ibrahim Malang telah mempercantik bagian depan kampusnya, yaitu pada bagian pagar yang diperbarui dengan sebuah tulisan yang berderet memanjang dari gerbang sebelah utara sampai ke selatan. Ada yang menarik ketika melihat pagar tersebut, terdapat garis-garis yang membentuk sebuah tulisan khas Arab. Namun jangan terburu-buru menyimpulkan kalau itu merupakan sebuah tulisan Arab, sebab jika kita membacanya dari kanan ke kiri maka kita tidak akan pernah bisa membaca apa isi tulisan tersebut. Hal tersebut dikarenakan tulisan tersebut merupakan sebuah tulisan alpabetik dengan permainan tipografis yang sangat kreatif. Tulisan yang terpampang pada pagar tersebut dapat dibaca dari kiri ke kanan sehingga akan terbaca “Ulul Albab”.


Hal pertama yang terpikirkan ketika melihat pagar ini tertuju pada sebuah model kaligrafi Arab yang kini mulai populer kembali. Model kaligrafi tersebut masuk pada kategori khat Kufi yang terkenal dengan kerakteristik hurufnya yang kaku. Nama Kufi diambil dari sebuah kota tempat kaligrafi ini muncul yaitu kota Kuffah di Mesopotamia. Tulisan ini juga dianggap tulisan paling tua karena pernah digunakan pada masa Rasulullah untuk menyalin mushaf Al Quran Al-Karim. Selain itu setelah zaman Khulafaurrasyidin tulisan ini mengalami perkembangan pesat karena mendapat gubahan-gubahan bentuk yang menjadikannya memiliki banyak jenis. Aneka ragam jenis Kufi diantaranya adalah Kufi Qadim, Kufi Fatimi, Kufi Musattar, Kufi Musyakkal (berbentuk), Kufi Muwarraq (berbunga dan berjalin), Kufi Muzahrah (berhias ornamen), dan Kufi Murabba’.

  • Kufi Qadim
  • Kufi Fatimi
  • Kufi Musyakkal (berbentuk)
  • Kufi Muwarraq (berbunga dan berjalin)
  • Kufi Muzahrah (berhias ornamen)
  • Kufi Murabba’

Apabila dikelompokkan dari beberapa jenis yang telah disebutkan, maka jenis tulisan yang diterapkan pada pagar kampus UIN Maulana Malik Ibrahim Malang adalah khat Kufi Murabba’. Nama Murabba’ diambil karena bentuk kaligrafinya yang berkarakteristik kubistis dan sering dibentuk bujur sangkar. Pada era saat ini kaligrafi Kufi Murabba’ telah dipopulerkan kembali dengan visual yang lebih menarik dengan paduan warna-warni.

 
 
 
Oleh : Rian Yogo Wibowo

Tinggalkan Komentar