Bidang Khattil Qur’an

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Hallo generasi Qur’ani, selamat datang di pembinaan Khattil Qur’an. Sudah tahukah kalian apa itu khat? Khat merupakan penyebutan lain untuk seni kaligrafi, sementara kaligrafi Arab atau Islam adalah seni menulis Arab dengan indah yang merupakan warisan budaya umat Islam yang terus berkembang sampai saat ini sehingga dapat dijumpai dalam berbagai gaya, bentuk, serta ornamen pendukungnya. Perlu teman-teman ketahui bahwa kaligrafi memiliki peranan yang penting dalam perkembangan dan kelangsungan agama Islam. Peranan kaligrafi yang paling menonjol adalah pada Al-Qur’an yang merupakan kitab suci sebagai pedoman hidup bagi umat Islam. Berkat ilmu khat atau kaligrafi, kitab Al-Qur’an menjadi terlihat lebih indah dan mudah dibaca serta dipelajari. Melalui kaligrafi ini juga nilai-nilai Islam dapat ditanamkan pada generasi-generasi penerus seperti ketekunan, ketelitian, kesabaran, kebersihan, pantang menyerah, dan akhlak.

Jika teman-teman penasaran seperti apa sih pembinaan Khattil Qur’an itu, yuk kita simak penjelasan berikut ini. Pembinaan Khattil Qur’an merupakan salah satu pengembangan kemampuan ilmu Al-Qur’an yang bergerak dalam bidang kitabi dan seni di Unit Kegiatan Mahasiswa Al-Qur’an Study Club Universitas Negeri Malang. Munculnya bidang khat pada UKM ASC bukan semata-mata karena bidang ini dikompetisikan pada ajang perlombaan seperti MTQ, tetapi karena khat adalah hal yang tak terpisahkan dari Al-Qur’an. Pembinaan kaligrafi memiliki tujuan yaitu memberikan pengalaman kepada teman-teman peserta pembinaan berupa pengenalan kaidah kaligrafi serta pengembangan kaligrafi menjadi sebuah karya seni yang memuat nilai-nilai Al-Qur’an.

Pada pembinaan ini kita akan belajar tentang kaidah penulisan, seni penulisan/tipografi, seni ornamental, teknik berkesenian, dan kaligrafi terapan hingga kita dapat membuat karya kaligrafi kita sendiri. Cara belajar yang digunakan dalam pembinaan ini juga bervariasi sesuai kebutuhan, selain itu terdapat metode khusus yang diterapkan yaitu metode manhaj hamidi. Di samping kegiatan belajar bersama, di pembinaan ini kita juga akan di ajak menemui para kaligrafer di Malang sehingga kita bisa belajar lebih dalam kepada para kaligrafer tersebut. Jadi tunggu apa lagi? Ayo bergabung dengan kami belajar dan berkarya bersama di pembinaan khat UKM ASC. Mari kita tunjukkan kepada dunia bahwa Islam itu indah!!!

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Informasi dan pendaftaran peserta pembinaan Khattil Qur’an:

082143656902 (Navik)

Tinggalkan Komentar