Keutamaan Membaca Surah Al-Mulk

Membaca al-Qur’an adalah salah satu ibadah bagi umat muslim. al-Qur’an merupakan petunjuk bagi umat manusia untuk membimbing kehidupan manusia agar selamat di dunia dan akhirat. Nabi Muhammad bersabda, “Sebaik-baik kamu adalah orang yang mempelajari al-Qur’an dan mengajarkannya” (HR. Bukhari).

Salah satu surah dalam al-Qur’an adalah surah Al-Mulk. Al-Mulk adalah surah ke-67 dalam al-Qur’an. Surah ini tergolong surat Makkiyah, terdiri atas 30 ayat. Surah ini disebut juga dengan At-Tabaarak yang berarti Maha Suci.

Membaca al-Qur’an bernilai pahala yang berlimpah. Selain bernilai pahala, orang yang rajin membaca al-Quran akan mendapatkan berbagai keuntungan atau keutamaan lainnya, misalnya adalah keutamaan ketika seseorang membaca Al-Mulk setiap harinya. Berikut ini tiga keutamaan membaca surah Al-Mulk, yaitu:

1. Bisa Menjadi Cara Diampuni Dosa oleh Allah SWT

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: “Ada surat dari al-Qur’an yang terdiri dari 30 ayat, Surah tersebut dapat memberikan syafaat bagi ‘temannya’ (yakni orang yang banyak membacanya) sehingga orang tersebut diampuni dosanya, yaitu: Surat “Tabarokalladi bi yadihil mulk” (HR. Abu Dawud dan at-Tirmidzi).

2. Menjauhkan dari Siksa Kubur

“Barangsiapa membaca “Tabarokalladzi biyadihil mulk” (surat Al Mulk) setiap malam, maka Allah akan menghalanginya dari siksa kubur. Kami di masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menamakan surat tersebut “al Mani’ah” (penghalang dari siksa kubur). Dia adalah salah satu surah di dalam Kitabullah. Barangsiapa membacanya setiap malam, maka ia telah memperbanyak dan telah berbuat kebaikan.” (HR. An-Nasa’i).

3. Menjadi Salah Satu Cara untuk Masuk Surga

“Bahwasannya satu surah dari kitab Allah yang isinya 30 ayat, dapat memberikan syafaat pada seseorang pada hari kiamat, mengeluarkannya dari neraka dan memasukkannya ke surga yaitu surah “Tabarak”. (HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi, dan Beliau menghasankannya. Juga dihasankan oleh Al-Albani dalam Shahih Al-Jami’).

Kritik dan saran terkait Mading ASC dapat ditulis Disini

Departemen Syiar

Tinggalkan Komentar