Kata siapa jadi Qori atau Qoriah harus bersuara merdu

Setiap orang tentunya memiliki suara yang berbeda-beda. Ada yang dikaruniai suara yang merdu, ada pula yang dikaruniai suara pas-pasan. Tapi tenang, untuk yang pas-pasan tidak perlu bersedih karena syarat utama untuk menjadi seorang qori’ atau qori’ah tidak harus mempunyai suara merdu dulu.

Berikut ini syarat utama untuk menjadi qori’ atau qori’ah ialah : 

  1. Membaca Al-Qur’an dengan benar

Syarat utama untuk menjadi Qori’ atau Qori’ah ialah bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Harus yakin bahwa bacaan Qur’an kita sesuai dengan bacaan Rasulullah SAW, harus percaya diri bahwa setiap huruf dalam Al-Qur’an yang kita baca sesuai dengan sifat dan Makhroj-nya.

2. Melatih Kekuatan Suara

Salah satu cara melatih kekuatan suara yaitu dengan melatih pernapasan. Karena jika pernapasan kita bagus maka melatih kekuatan suara akan lebih muda dilakukan. Adapun cara yang lebih mudah untuk menjaga kekuatan suara ialah dengan berteriak sekencang-kencangnya di dalam air. Lakukan hal ini sesering mungkin untuk mendapatkan kekuatan suara merdu.

3. Berlatih Sesering Mungkin

Berlatihlah sesering mungkin, karena tugas kita sebagai manusia hanyalah berusaha dan berusaha. Hal ini lebih baik jika dilakukan setiap pagi hari. Karena pagi hari adalah kondisi dimana tubuh baik secara fisik maupun mental memiliki kesiapan penuh untuk melakukan aktivitas.

Ada yang lebih penting lagi selain langkah-langkah diatas, yakni dengan berdoa. Sudah bukan rahasia lagi bahwa doa adalah senjata paling ampuh, karena dengan berdoa sesuatu yang tidak mungkin akan menjadi mungkin. Sehingga berdoa dan usaha harus sama-sama dilakukan, karena berdoa tanpa usaha ialah kesia-siaan. Sedangkan berusaha tanpa berdoa ialah kesombongan.

Penulis             : Wildatun Nabilah

Tinggalkan Komentar