Kafilah UM Pertahankan Gelar Juara Umum MTQMN ke-XVI di Aceh

Malang. 21 anggota Alqur’an Study Club berhasil mengharumkan nama baik Universitas Negeri Malang (UM) dalam perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional (MTQ MN) ke-XVI yang diselenggarakan di Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh pada Sabtu (03/08). Kafilah UM berhasil mempertahankan gelar Juara Umum dalam MTQ MN selama 4 kali berturut-turut. Salam 4 jari yang bermakna UM akan meraih juara umum ke 4 kalinya terpenuhi dengan baik dan membanggakan.
12 cabang lomba yang dimenangkan kafilah UM diantaranya adalah :
(1) Musabaqah Syarhil Qur’an (MSQ), UM meraih juara 1 dengan tim yang terdiri dari Irma Nur Fiani, Mery Cahyani, dan No via Dian Pratiwi.
(2) Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an (KTIA), tim KTIA UM meraih juara 1 yang terdiri dari M. Khoirul Rifai dan Rizal Fanany.
(3) Desain Aplikasi Qur’an (DAQ), tim DAQ meraih juara 1 dengan anggota Ari Gunawan dan Austin Fascal Iskandar.
(4) Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ) 30 Juz Putri, Elmiatun Nafiah meraih juara 2 dalam cabang ini.
(5) Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ) 20 Juz putra, Juara 2 diraih oleh Al Rizal Tisma Wahid Maulana.
(6) Musabaqah Debat Bahasa Arab (MDBA), tim MDBA meraih juara 3 yang terdiri dari Moh. Rozy Zamroni dan Muhammad Ahsan Thoriq.
(7) Musabaqah Fahmil Qur’an (MFQ), tim MFQ meraih Juara 3 yang beranggotakan Siti Ainun Mahfudhoh, Zakiyatus Sholihah Zen, dan Hamilatur Roziyah.
(8) Musabaqah Khothil Qur’an (MKQ) Dekorasi Putri, Alfiatus Sholicha meraih Juara 3.
(9) Musabaqah Tartilil Quran (MTrQ) Putri, Anisah Hanun meraih Juara Harapan 1.
(10) Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Putra, Juara Harapan 2 diraih oleh Ahmad Fauzan.
(11) Musabaqah Debat Bahasa Inggris (MDBI), Juara Harapan 2 dengan tim yang beranggotakan Eka Nurcahyaningsih dan Tamima Rubbama Fiarsyiyah.
(12) Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Putri, Imro’aturrozaniyah meraih juara Harapan 3 dalam cabang tersebut.

Moh. Fauzan, M.Pd.I, selaku ketua kafilah UM menyatakan bahwa mempertahankan gelar juara umum jauh lebih sulit daripada merebutnya. Melihat peta kekuatan perguruan tinggi lain tahun ini kemampuan para kafilahnya mulai merata. Hal ini dibuktikan dengan hasil peringkat yang diumumkan saat penutupan, selisih skor antar perguruan tinggi tidak terpaut jauh.
Kami mengucapkan ribuan terimakasih kepada para pimpinan dan seluruh civitas UM atas dukungan baik berupa materi dan doa. Semoga dengan pencapaian ini dapat menjadi motivasi bagi kami untuk slalu mencintai, mengamalkan, dan menebarkan Al-Qur’an. Juara umum yang keempat ini kami persembahkan kepada seluruh civitas akademika UM,” kesannya.

 

Oleh : Ulya Aziza Fitriya

One Reply to “Kafilah UM Pertahankan Gelar Juara Umum MTQMN ke-XVI di Aceh”

Tinggalkan Komentar