Jangan Terlalu Sibuk Memperindah Paras dan Rupa Percantik Pula Hati dan Perilaku

Bercermin merupakan kegiatan yang biasa kita lakukan sehari-hari. Saaat berdandan, menyisir rambut, baru bangun tidur, atau  bahkan saat hendak pergi tidur. Bercermin dilakukan tidak hanya untuk memoles wajah agar terlihat lebih cantik atau tampan. Akan tetapi, disaat bercermin hendaknya kita senantiasa mensyukuri atas apa yang telah Allah SWT anugerahkan kepada kita.

            Allah SWT, telah menganugerahkan kita bentuk tubuh dan rupa yang sempurna dibandingkan dengan makhluk yang lainya, sebagaimana Allah SWT telah berfirman dalam Al- Qur’an Surah At-Tin ayat 4 yang berbunyi:

لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسٰنَ فِىٓ أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ

Artinya: “Dan sungguh telah Kami ciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya”

( QS At-Tin : 4 )

            Dalam ajaran islam terdapat sebuah doa yang diajarkan oleh Rasulullah ketika kita sedang bercermin. Berikut adalah doa yang bisa diucapkan saat bercermin agar kita senantiasa mensyukuri atas apa yang telah dikaruniakan Allah.

اللَّهُمَّ أَحْسَنْتَ خَلْقِي فَأَحْسِنْ خُلُقِي

Artinya : “Ya Allah Engkau telah membaguskan penciptaanku maka baguskanlah akhlakku.” (HR. Ahmad)

                Bercermin dapat dilakukan sebagai sarana untuk mengintropeksi diri, bagi mereka yang tidak mampu bersyukur dan memahami kebesaran Allah dari apa yang mereka lihat di cermin, maka mereka akan menjadi seseorang yang sombong dan kufur terhadap nikmat Allah. Namun apabila kita mampu bersyukur, maka kita akan menjadi seseorang yang beruntung.

            Setiap manusia memang mempunyai fitrah untuk menghiasi diri. Namun sangat disayangkan, banyak sekali yang tidak mengetahui apa perhiasan yang terbaik bagi dirinya. Bagi seorang Muslim, perhiasan terindah adalah akhlak yang mulia. Inilah perhiasan yang membuat seorang muslimin mulia di hadapan manusia dan mulia di hadapan Allah SWT. Dengan akhlak mulia, seorang Muslim akan terlihat anggun dan cantik.

            Akhlak yang baik akan membuahkan kecintaan dan kasih saying, bahkan bisa menutup kekurangan dan kesalahan. Sebaliknya, akhlak buruk akan menumbuhkann kebencian, permusuhan, iri, dengki, bahkan bisa mengubur kelebihan dan kebaikan, Semoga dengan berdoa ketika bercermin dapat membuat akhlak kita menjadi lebih baik dan agar kita senantiasa mensyukuri atas karunia-Nya.

Departemen Syiar UKM ASC

Tinggalkan Komentar